PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VII/2 PADA SMP NEGERI 3 BAKTIYA KECAMATAN BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS VII/2 PADA SMP NEGERI 3 BAKTIYA KECAMATAN BAKTIYA KABUPATEN ACEH UTARA


Pengarang

Muhammad Dahlan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006101140008

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: IPS, STAD, Pembelajaran Kooperatif

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VII/2 pada SMP Negeri 3 Baktiya Kecamatan Baktiya Kabupaten Aceh Utara. Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri 4 orang sampai 5 orang, dengan struktur kelompoknya yang bersifat heterogen. Adapun rumusan masalah adalah: "Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Baktiya pada mata pelajaran IPS?" Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis menggunakan penelitian tindakan kelas sebagai metodologi. Penulis mengumpulkan data dari tes, observasi dan catatan lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Baktiya dan sebagai sampel penelitian ini adalah kelas VII/2. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka
terlihat bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberi pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa bidang studi IPS. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada tes pada siklus I dan siklus 2 dan siklus 3. Pada tes siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 60,71. Pada siklus 2 meningkat menjadi 73,92 dan pada siklus 3 meningkat lagi menjadi 76,78. Selain itu, jumlah siswa yang tuntas/lulus indikator pembelajaran meningkat, yaitu pada siklus 1, siswa yang tuntas adalah 13 orang (46,42%) dan yang tidak tuntas adalah 15 orang (53,57%). Kemudian nilai tes siklus 2 meningkat menjadi 20 siswa (71,42%) tuntas dan 8 siswa (28,57%) tidak tuntas. Pada siklus 3, jumlah siswa yang tuntas mencapai 24 siswa (85,71%) dan yang tidak tuntas adalah 4 siswa (14,28%). Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Baktiya pada mata pelajaran IPS Sejarah pokok bahasan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK