PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERASAL DARI SMA ANTARA JURUSAN IPS DAN IPA DALAM MATA KULIAH DASAR-DASAR AKUNTANSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA YANG BERASAL DARI SMA ANTARA JURUSAN IPS DAN IPA DALAM MATA KULIAH DASAR-DASAR AKUNTANSI PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI


Pengarang

Intan Maulidanur - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0606101030045

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang prestasi dan tingkat perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang berasal dari SMA/MA yang latar belakang jurusan IPS dengan mahasiswa yang latar belakang jurusan IPA dalam mata kuliah dasar-dasar akuntansi pada Program Studi Pendidikan ekonomi. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FKIP Ekonomi angkatan 2005-2010 yang berjumlah 523 orang. Dan jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel mabasiswa prodi ekonomi angkatan 20IO yang berasal dari SMA/MA yang latar belakang jurusan IPS dan IPA yaitu 96 orang mahasiswa, yang terdiri dari 65 orang dari Jurusan IPS dan 31 orang dari jurusan IPA. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan atas strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah secara dokumentasi yaitu untuk mendapatkan data tentang nama-nama, NLM dan prestasi belajar mahasiswa dengan latar belakang jurusan IPS dan mahasiswa dengan latar belakang jurusan IPA dalam mata kuliah Dasar-dasar Akuntansi dari Prodi pendidikan ekonomi FKIP Unsyiah dan diolah dengan menggunakan teknik uji-t pada taraf signifikan 5%. Dari hasil pengujian hipotesis ternyata harga ting diperoleh 1.284 dan nilai teaser pada taraf signifikan 5% diperoleh 1,98552. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (H,) ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara mahasiswa yang berlatar belakang dari jurusan IPS dan IPA dalam mata kuliah dasar-dasar akuntansi pada Program Studi Pendidikan Ekonomi.










Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK