Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 3 BANDA ACEH PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA
Pengarang
Lia Safrida - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006103030075
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata Kunci: Kurikulum Berbasis Sains 2013, Efektivitas, Keterampilan Proses Sains
Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh pada Materi Kalor dan Perpindahannya” mengangkat masalah efektivitas penerapan pendekatan scientific terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektivitas dengan menerapkan Pendekatan Scientific Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 297 siswa, sedangkan yang diangkat menjadi sampel yaitu seluruh siswa kelas VII 9 SMP Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode purposing sampling. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi experiment). Pengumpulan data dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi dalam berbentuk kualitatif yang dikonversikan kedalam data kuantitatif serta pengolahannya dilakukan dengan teknik statistik persentase. Standar patokan data dalam penelitian ini yaitu nilai KKM sebesar 75. Berdasarkan pendapat ahli, suatu pembelajaran dikatakan efektif jika mencapai tujuan pembelajaran minimal 75% dari seluruhnya dan sekurang-kurangnya 85% dari jumlah peserta didik. Ternyata hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang nilainya melewati KKM materi kalor dan perpindahannya (75) yakni sebesar 96,95% sehingga hipotesis diterima dan treatmen efektif untuk diterapkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat efektivitas dengan menerapkan pendekatan scientific terhadap keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh pada materi kalor dan perpindahannya. Sehingga disarankan bagi pendidik untuk menerapkan pendekatan ini dan memerhatikan indikator-indikator yang sulit untuk dicapai siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KALOR PADA SISWA KELAS VII7 SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Tika Yuliana, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE YANG DIPADUKAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (Hulyatul Azni, 2015)
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII3 PADA MATERI GERAK LURUS DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (anista rahmi, 2015)
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI KELAS XI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Tengku Hafinda, 2014)
ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SYIAH KUALA BERDASARKAN INSTRUMEN SCIENTIFIC LITERACY ASSESSMENT (MIFTAHUL MAGHFIROH LUBIS, 2021)