EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 3 BANDA ACEH PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP NEGERI 3 BANDA ACEH PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA


Pengarang

Lia Safrida - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006103030075

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Kurikulum Berbasis Sains 2013, Efektivitas, Keterampilan Proses Sains

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penerapan Pendekatan Scientific Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh pada Materi Kalor dan Perpindahannya” mengangkat masalah efektivitas penerapan pendekatan scientific terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektivitas dengan menerapkan Pendekatan Scientific Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh pada Materi Kalor dan Perpindahannya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 297 siswa, sedangkan yang diangkat menjadi sampel yaitu seluruh siswa kelas VII 9 SMP Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan metode purposing sampling. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu (quasi experiment). Pengumpulan data dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi dalam berbentuk kualitatif yang dikonversikan kedalam data kuantitatif serta pengolahannya dilakukan dengan teknik statistik persentase. Standar patokan data dalam penelitian ini yaitu nilai KKM sebesar 75. Berdasarkan pendapat ahli, suatu pembelajaran dikatakan efektif jika mencapai tujuan pembelajaran minimal 75% dari seluruhnya dan sekurang-kurangnya 85% dari jumlah peserta didik. Ternyata hasil analisis data menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang nilainya melewati KKM materi kalor dan perpindahannya (75) yakni sebesar 96,95% sehingga hipotesis diterima dan treatmen efektif untuk diterapkan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat efektivitas dengan menerapkan pendekatan scientific terhadap keterampilan proses sains siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh pada materi kalor dan perpindahannya. Sehingga disarankan bagi pendidik untuk menerapkan pendekatan ini dan memerhatikan indikator-indikator yang sulit untuk dicapai siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK