Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FUNGSI EKSPONENSIAL DAN LOGARITMA DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Pengarang
MAILIS TRIANA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1509200160001
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Mailis Triana. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fungsi Eksponensial dan Logaritma Berbantuan Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa.
Kemampuan komunikasi matematis meliputi kemampuan menyatakan suatu ide matematika melalui tulisan, bahasa, gambar, grafik serta bentuk visual lain. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting bagi siswa. Kemampuan komunikasi matematis dapat dikembangkan melalui perangkat pembelajaran dengan pendekatan BBL berbantuan software Autograph. Namun, perangkat pembelajaran ini belum tersedia, sehingga perlu upaya untuk membantu guru dengan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan BBL berbantuan software Autograph. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran Fungsi Eksponen dan Logaritma dengan pendekatan BBL berbantuan software Autograph yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pemgembangan yang mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri atas fase investigasi awal, perancangan, dan penilaian. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas X SMA Laboratorium School Unsyiah. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu buku panduan, RPP, LAS dan TKKM. Instrumen yang digunakan terdiri atas lembar analisis kebutuhan, lembar validasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan, lembar observasi siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, lembar TKKM, angket respon siswa dan guru. Data yang diperoleh dari fase investigasi awal, perancangan dan penilaian dianalisis secara deskriprif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran Fungsi Eksponen dan Logaritma dengan pendekatan BBL berbantuan Autograph memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa
Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Fungsi Eksponen, Fungsi Logaritma, Pendekatan Brain-Based Learning, Autograph , komunikasi matematis.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (LIZA RAHMAH, 2018)
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (CUT ARDHILLA PUTRI, 2018)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GRAFIK FUNGSI MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN AUTOGRAPH DI SMA (MUHAMMAD RIDHA, 2018)
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA (Fajriati, 2017)
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI LIMIT FUNGSI DI SMA (Dwy Lestari, 2023)