PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH WABAH COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH WABAH COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH


Pengarang

Khairunnisak - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606102030009

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: Proses Pembelajaran, Daring, Seni Budaya, COVID-19
Penelitian ini berjudul “Penerapan Pembelajaran Daring di Tengah wabah COVID-19
dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 8 Banda Aceh” Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran seni budaya pada materi
menggambar ilustrasi dengan metode daring pada kelas VIII di SMP 8 Banda Aceh
di tengah wabah covid-19. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
bagaimana bagaimana proses pembelajaran seni budaya pada materi menggambar
ilustrasi dengan metode daring pada kelas VIII di SMP 8 Banda Aceh di tengah
wabah covid-19. Subjek pada penelitian ini adalah guru seni budaya kelas VIII di
SMP Negeri 8 Banda Aceh, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah
proses pembelajaran seni budaya dengan metode daring di tengah covid-19 pada
kelas VIII di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Data diperoleh dengan tehnik wawancara,
angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah dengan mereduksi data
terlebih dahulu kemudian menyajikannya dalam bentuk uraian singkat dan akhirnya
dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses
pembelajaran daring di SMP Negeri 8 Banda Aceh masih belum maksimal. Karena
masih adanya keterbatasan media yang dimiliki siswa kelas VIII. Proses
pembelajaran daring di kelas VIII memanfaatkan media aplikasi classroom, kahoot
dan whatsaap. Penggunaan aplikasi whatsaap lebih efektif digunakan untuk
pembelajaran daring pada kelas VIII di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penilaian hasil
belajar siswa dilakukan tidak dengan adanya ujian khusus, namun dengan
menggabungkan nilai siswa dari materi sebelum diberlakukannya pembelajaran
secara tatap muka sehingga dapat menutupi nilai rendah siswa selama daring dan
tidak menghasilkan ketidaktuntasan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK