Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH WABAH COVID-19 DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH
Pengarang
Khairunnisak - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606102030009
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci: Proses Pembelajaran, Daring, Seni Budaya, COVID-19
Penelitian ini berjudul “Penerapan Pembelajaran Daring di Tengah wabah COVID-19
dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 8 Banda Aceh” Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran seni budaya pada materi
menggambar ilustrasi dengan metode daring pada kelas VIII di SMP 8 Banda Aceh
di tengah wabah covid-19. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
bagaimana bagaimana proses pembelajaran seni budaya pada materi menggambar
ilustrasi dengan metode daring pada kelas VIII di SMP 8 Banda Aceh di tengah
wabah covid-19. Subjek pada penelitian ini adalah guru seni budaya kelas VIII di
SMP Negeri 8 Banda Aceh, sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah
proses pembelajaran seni budaya dengan metode daring di tengah covid-19 pada
kelas VIII di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Data diperoleh dengan tehnik wawancara,
angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah dengan mereduksi data
terlebih dahulu kemudian menyajikannya dalam bentuk uraian singkat dan akhirnya
dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses
pembelajaran daring di SMP Negeri 8 Banda Aceh masih belum maksimal. Karena
masih adanya keterbatasan media yang dimiliki siswa kelas VIII. Proses
pembelajaran daring di kelas VIII memanfaatkan media aplikasi classroom, kahoot
dan whatsaap. Penggunaan aplikasi whatsaap lebih efektif digunakan untuk
pembelajaran daring pada kelas VIII di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penilaian hasil
belajar siswa dilakukan tidak dengan adanya ujian khusus, namun dengan
menggabungkan nilai siswa dari materi sebelum diberlakukannya pembelajaran
secara tatap muka sehingga dapat menutupi nilai rendah siswa selama daring dan
tidak menghasilkan ketidaktuntasan.
Tidak Tersedia Deskripsi
GURU BIDANG STUDI NON SENI DALAM PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI SE KOTA BANDA ACEH (Desy Diana, 2021)
PERSEPSI GURU FISIKA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMIC COVID-19 DI SMAN SE-KABUPATEN ACEH TENGAH (WESI ULTARI, 2021)
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 PEUREULAK, KABUPATEN ACEH TIMUR (Masriana, 2016)
KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS TINGGI SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 22 BANDA ACEH (Wardatun Baizah, 2021)
MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN PROSES PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 PADA SLB NEGERI DI KABUPATEN PIDIE (Musliadi, 2021)