Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN BUAH SEGAR DI KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Haslindawati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0251220039
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Haslindawati, "Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Buah Segar Di Kota Banda Aceh". Dibawah bimbingan Bapak Ir. Edy Marsudi, M.Si sebagai pembimbing utama dan ibu Agustina Arida, SP. M.Si, sebagai pembimbing anggota.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, keluarga, motivasi dan persepsi terhadap perilaku konsumen dalam membuat keputusan untuk melakukan pembelian buah pada pasar swalayan dan pasar tradisional di Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui pasar yang paling banyak di kunjungi oleh konsumen dalam membeli buah segar di Kota Banda Aceh. Adapun objek penelitian ini adalah konsumen rumah tangga yang membeli buah segar. Sedangkan ruang lingkup penelitian perilaku konsumen dalam mengkonsumsi buah segar yang terdiri dari faktor budaya, keluarga, motivasi dan persepsi.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen rumah tangga yang berada di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana (Simple Random Sampling,. dengan jumlah sampel dipilih sebanyak 30 orang
Terdapat faktor-faktor lain yang dapat mendorong konsurnen melakukan pemilihan pasar dalam membeli buah segar seperti faktor kebudayaan yang tercermin dari kebiasaan konsumen membeli buah pada masing-masing pasar. Faktor sosial seperti dorongan anggota keluarga
mempunyai peran aktif dalam mempengaruhi proses pembelian. Kondisi ekonomi atau pendapatan yang merupakan salah satu faktor pribadi akan menentukan sering atau tidaknya konsumen melakukan transaksi pembelian buah segar di pasar sesuai dengan keadaan ekonominya. Motivasi, sikap dan belajar merupakan faktor psikologis yang merupakan dorongan dari dalam masing-masing konsumen. Adapun pasar yang paling banyak dikunjungi oleh konsumen dalam membeli buah segar di Kota Banda Aceh adalah pasar tradisional, hal ini disebabkan pasar tradisional lebih mudah dijangkau baik dari harga, maupun tempat, selain itu dari variasi buahnya lebih banyak.
Diharapkan kepada para konsumen dalam membeli buah sebaiknya lebih memperhatikan budaya, keluarga, motivasi dan persepsi mendorong perilaku konsumen dalam membuat keputusan untuk melakukan pembelian buah pada pasar swalayan dan tradisional sehingga jenis buah yang dikonsumsi sesuai yang diharapkan oleh keluarga dan kemampuan keluarga tersebut. Diharapkan kepada pasar Tradisional agar mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas buah segar sehingga dapat menyaingi pasar swalayan. Diharapkan kepada para pedagang di pasar tradisional agar lebih memperhatikan kondisi tempat agar konsumen lebih nyaman dalam berbelanja.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH PENENTUAN HARGA DAN PERILAKU KONSUMEN MUSLIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN ALL YOU CAN EAT DENGAN MINAT SEBAGAI MEDIASI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (TARINA PUTRI SANURA, 2024)
PENGARUH PERSONALITY TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DAN KOMPULSIF (STUDI PADA KONSUMEN YANG BERBELANJA PADA DEPARTMENT STORE BANDA ACEH) (RADEN SHAHIBUL AUZAR, 2016)
PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN FROZEN FOOD DI BANDA ACEH (KARINA, 2020)
PENGARUH PERILAKU KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEBUTUHAN POKOK MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH (TEUKU HASWAN CHALID, 2023)
PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PERMINTAAN IKAN SEGAR DIKOTA BANDA ACEH (Tri Thya Oethari, 2015)