ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM) DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM) DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH


Pengarang

SILVIA MAISURA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0105102020098

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Silvia Maisura: "Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Tomat (Lycopersicum esculentum) di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh". Dibawah bimbingan Bapak Ir. Azhar A. Gani, M.Sc sebagai pembimbing pertama dan Bapak Ir. Kadir Zailani sebagai pembimbing kedua. Tomat merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang tidak kalah pentingnya bila dibandingkan dengan
bahan masak lainnya. Diduga terdapat beberapa faktor yang diidentifikasi dapat berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam membeli tomat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli tomat di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh.
Sampel penelitian adalah sebanyak 90 orang ibu rumah tangga yang diambil dari 6 desa di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan melalui pengedaran kuesiooer kepada ibu rumah tangga yang terpilih menjadi sampel penelitian. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan peralatan statistik non parametrik dengan metode Chi-square.
Hasil penelitian menemukan bahwa faktor budaya, keluarga, pendapatan, sikap, dan faktor motivasi berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian tomat. Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan statistik yang menunjukkan nilai chi- square hitung masing-masing faktor lebih besar bila dibandingkan dengan nilai chi- square tabel. Faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap perilaku pembelian tomat adalah faktor budaya Sebaliknya faktor yang paling kecil pengaruhnya terhadap perilaku pembelian adalah faktor motivasi. Karena nilai chi-sqaure hitung >
chi-square tabel maka dapat diartikan bahwa faktor budaya, keluarga, pendapatan,sikap dan faktor motivasi berpengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian tomat dikalangan ibu rumah tangga di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh, sehingga hipotesis dapat diterima.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah, faktor budaya, keluarga., pendapatan, sikap, dan faktor motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku pembelian tomat. Karena itu, sebagai saran dari hasil penelitian ini, sebaiknya pihak penjual tomat yang ada di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh juga memperhatikan kualitas tomat yang dijualnya. Sekalipun faktor budaya dan keluarga sangat menentukan perilaku pembelian tomat, namun keputusan pembelian produk tersebut tentunya sangat ditentukan oleh baik buruknya kualitas tomat yang ada.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK