PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 1 BAITUSSALAM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 1 BAITUSSALAM


Pengarang

royki rosmandi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103060049

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe STAD, pendekatan
keterampilan proses, materi fungsi
Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achiverment Devision)
merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam
tim yang beranggotakan 4-5 orang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatan
keterampilan proses adalah suatu pendekatan mengajar yang memberi kesempatan
seluas-luasnya kepada siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar sehingga
kesempatan untuk mengembangkan diri dan percaya diri dapat ditingkatkan. Oleh
karena itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division)
dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII
SMP Negeri 1 Baitussalam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil
belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team
Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan
fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam, (2) aktivitas siswa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan
pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII SMP Negeri
1 Baitussalam, (3) keterampilan siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe
STAD (Student Team Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses
pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Subjek dari
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas. Objek diambil
secara random yaitu kelas VIII-a yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar,
lembar aktivitas siswa dan lembar penilaian keterampilan siswa. Data yang diperoleh
diolah dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data secara klasikal
didapat 80% skor total dari data keseluruhan siswa . Berdasarkan penetapan
ketuntasan belajar, siswa dikatakan tuntas secara klasikal bila paling sedikit 85%
siswa dikelas tersebut telah tuntas belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement
Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas
VIII SMP Negeri 1 Baitussalam belum mencapai ketuntasan belajar. Sementara
aktivitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team
Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan
fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam sudah efektif dan keterampilan siswa
pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement
Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas
VIII SMP Negeri 1 Baitussalam sudah sangat baik.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK