Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 1 BAITUSSALAM
Pengarang
royki rosmandi - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0806103060049
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.15
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe STAD, pendekatan
keterampilan proses, materi fungsi
Pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achiverment Devision)
merupakan model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama antar siswa dalam
tim yang beranggotakan 4-5 orang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatan
keterampilan proses adalah suatu pendekatan mengajar yang memberi kesempatan
seluas-luasnya kepada siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar sehingga
kesempatan untuk mengembangkan diri dan percaya diri dapat ditingkatkan. Oleh
karena itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division)
dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII
SMP Negeri 1 Baitussalam”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil
belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team
Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan
fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam, (2) aktivitas siswa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan
pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII SMP Negeri
1 Baitussalam, (3) keterampilan siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe
STAD (Student Team Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses
pada pokok bahasan fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam. Subjek dari
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 3 kelas. Objek diambil
secara random yaitu kelas VIII-a yang berjumlah 20 orang. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar,
lembar aktivitas siswa dan lembar penilaian keterampilan siswa. Data yang diperoleh
diolah dengan rumus persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data secara klasikal
didapat 80% skor total dari data keseluruhan siswa . Berdasarkan penetapan
ketuntasan belajar, siswa dikatakan tuntas secara klasikal bila paling sedikit 85%
siswa dikelas tersebut telah tuntas belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar
siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement
Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas
VIII SMP Negeri 1 Baitussalam belum mencapai ketuntasan belajar. Sementara
aktivitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team
Achievement Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan
fungsi dikelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam sudah efektif dan keterampilan siswa
pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement
Division) dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan fungsi dikelas
VIII SMP Negeri 1 Baitussalam sudah sangat baik.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TEKANANDI SMPN 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Sari Zahriati, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA
PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI POKOK
PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
DI KELAS XI SMAN 8 BANDA ACEH (sabanar, 2013)
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DA LAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Mauliana A, 2021)
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERIPERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 18 BANDA ACEH (Irna Handri Mastuti, 2016)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 14 BANDA ACEH (SYAHRIAL, 2015)