Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RAINBOW SPIN PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS DAYAH MODERN ARUN
Pengarang
Raudya Tuzzahra - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606101030024
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Rainbow Spin Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Dayah Modern Arun” ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran rainbow spin pada materi interkasi antar negara-negara ASEAN di MTs Dayah Modern Arun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Dayah Modern Arun dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa ditambah satu orang guru mata pelajaran IPS. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan 1) Analisis, pada tahap ini peneliti menetapkan media pembelajaran rainbow spin sebagai media pembelajaran dalam mengatasi kebosanan siswa pada saat proses pembelajaran 2) Perancangan, peneliti merancang desain media pembelajaran rainbow spin menggunakan aplikasi photoshop sebelum dibuat kedalam bantuk asli 3) Pengembangan, media pembelajaran rainbow spin mengalami beberapa perbaikan berdasarkan hasil saran dan validator 4) Implementasi, siswa terlihat aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran rainbow spin 5) Evaluasi, pada tahap ini diketahui bahwa media pembelajaran rainbow spin layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi media dan materi diperoleh nilai sebesar 86,25% dan 95% dengan kriteria sangat layak. Presentase tanggapan guru sebesar 90% dengan kriteria sangat layak, sedangkan hasil tanggapan siswa mendapat persentase sebesar 8,33% dengan kriteria sangat layak. Artinya media pembelajara rainbow spin layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi interaksi antar negera-negara ASEAN. Disarankan kepada peneliti lainnya perlu dilakukan pengembangan atau perubahan lebih lanjut sehingga materi yang dapat digunakan dalam media pembelajaraan rainbow spin tidak hanya sebatas pada materi interaksi antar negara-negara ASEAN tetapi juga pada materi lainnya
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO STACKO PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 ACEH BARAT DAYA (Miranda Pertiwi, 2021)
PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 SABANG (Siska Mulia Rahmah, 2023)
“PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH” (DAVIRA PUTRI, 2019)
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Muhamad Alfrian, 2024)
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRUTH OR DARE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 BEUTONG (ROSA LINDA, 2023)