PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RAINBOW SPIN PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS DAYAH MODERN ARUN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RAINBOW SPIN PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS DAYAH MODERN ARUN


Pengarang

Raudya Tuzzahra - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606101030024

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Rainbow Spin Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Dayah Modern Arun” ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran rainbow spin pada materi interkasi antar negara-negara ASEAN di MTs Dayah Modern Arun. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Dayah Modern Arun dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa ditambah satu orang guru mata pelajaran IPS. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan 1) Analisis, pada tahap ini peneliti menetapkan media pembelajaran rainbow spin sebagai media pembelajaran dalam mengatasi kebosanan siswa pada saat proses pembelajaran 2) Perancangan, peneliti merancang desain media pembelajaran rainbow spin menggunakan aplikasi photoshop sebelum dibuat kedalam bantuk asli 3) Pengembangan, media pembelajaran rainbow spin mengalami beberapa perbaikan berdasarkan hasil saran dan validator 4) Implementasi, siswa terlihat aktif dan bersemangat dalam proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran rainbow spin 5) Evaluasi, pada tahap ini diketahui bahwa media pembelajaran rainbow spin layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi media dan materi diperoleh nilai sebesar 86,25% dan 95% dengan kriteria sangat layak. Presentase tanggapan guru sebesar 90% dengan kriteria sangat layak, sedangkan hasil tanggapan siswa mendapat persentase sebesar 8,33% dengan kriteria sangat layak. Artinya media pembelajara rainbow spin layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi interaksi antar negera-negara ASEAN. Disarankan kepada peneliti lainnya perlu dilakukan pengembangan atau perubahan lebih lanjut sehingga materi yang dapat digunakan dalam media pembelajaraan rainbow spin tidak hanya sebatas pada materi interaksi antar negara-negara ASEAN tetapi juga pada materi lainnya

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK