MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI PAUD KASYA ULEE KARENG BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI METODE BERCERITA DI PAUD KASYA ULEE KARENG BANDA ACEH


Pengarang

Nurhadisah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104210080

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Nurhadisah. 2020. Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui
Metode Bercerita Di PAUD Kasya Ulee Kareng Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dr. Bahrun, M.Pd (2) Rosmiati, S.Pd.I, M.Ed

Kata kunci : Kemampuan Sosial Emosional, Metode Bercerita, Anak Usia Dini

Penelitian ini mengangkat masalah tentang perkembangan sosial emosional anak yang harus dikembangkan pada usia dini sesuai dengan tahapan-tahapannya selain aspek perkembangan yang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan sosial emosional anak di PAUD Kasya melalui metode bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui metode bercerita di PAUD Kasya Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 7 anak berusia 5-6 tahun. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan unjuk kerja. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus dan masing-masing siklus dengan 2 tindakan. Perkembangan sosial emosional anak dikembangkan melalui metode bercerita dilakukan dengan cara bercerita mengunakan media, memberikan pertanyaan kepada anak, melibatkan anak secara langsung, memberikan reward (penghargaan) serta mengaitkan cerita dengan kehidupan nyata anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengembangkan perkembangan sosial emosional anak melalui metode bercerita memperoleh hasil berkembang sesuai harapan yaitu anak dapat mengenal perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar, anak dapat bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri, anak dapat mengetahui perasaan temannya, anak dapat bekerja sama dengan temannya ketika bermain. Jadi melalui metode bercerita dapat mengembangkan perkembangan sosial emosional anak di PAUD Kasya Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh.

ABSTRACT
Nurhadisa. 2020. Developing Children Social-Emotional Ability by Using Storytelling Method at Paud Kasya Ulee Kareng Banda Aceh. Honor Thesis, Early Childhood Education Major, Teacher and Education Faculty. Syiah Kuala University. Supervisors:
(1) Dr. Bahrun, M.Pd (2) Rosmiati, S.Pd.I, M.Ed

Keywords: Social-Emotional Ability, Storytelling Method, Early Childhood.
Social-emotional development is one of the developments which must be improved at the early age in addition to other aspects, such as religious and moral values, cognitive, motor and physical, social emotional, language, and art developments. The research problem of this study is to improve children’s social-emotional ability in PAUD Kasya by using storytelling method. The storytelling method is a method that can develop some aspects of childhood improvement including language, cognitive, social, and physical. This study aims to determine the social-emotional development of the early childhood through the implementation of storytelling method at PAUD Kasya Banda Aceh. This research is a classroom action research, with the total of 7 children aged 5-6 years as the subjects. The data collection was collected by using observation and performance. This study was conducted within 2 cycles, and each cycle contains with two actions. The study concludes that children’s social-emotional development is improved through storytelling method which is done with some techniques such as; using media, asking questions, involving children directly, providing rewards, and connected the storytelling with the real life story of the children.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK