Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGAJARKAN MATERI MENELAAH STRUKTUR SYAIR PADA SISWA KELAS VII SMP
Pengarang
Khairani Nazliana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606102010062
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Nazliana, Khairani. 2021. Model-Model Pembelajaran yang Digunakan untuk Mengajarkan Materi Menelaah Struktur Syair pada Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah kuala. Pembimbing:
(1) Armia, S.Pd., M.Hum. (2) Muhammad Idham, S.Pd., M.Ed.
Kata kunci: model-model pembelajaran, menelaah, struktur, syair
Penelitian ini berjudul “Model-Model Pembelajaran yang Digunakan untuk Mengajar Materi Menelaah Struktur Syair pada Siswa Kelas VII SMP”. Rumusan masalahnya adalah (1) model-model pembelajaran apa sajakah yang cocok digunakan untuk mengajarkan materi menelaah struktur syair pada siswa kelas VII SMP, dan (2) bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan model-model pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan materi menelaah struktur syair pada siswa kelas VII SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang digunakan untuk mengajarkan materi menelaah struktur syair pada siswa kelas VII SMP dan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tersebut. Adapun langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) peneliti membaca buku model-model pembelajaran, (2) peneliti menyesuaikan model pembelajaran yang tepat untuk mengajarkan materi menelaah struktur syair pada siswa kelas VII SMP, (3) peneliti melakukan uji coba pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh, (4) peneliti menilai hasil kerja siswa untuk menentukan model pembelajaran yang paling sesuai digunakan untuk materi menelaah struktur syair yang dibaca, dan (5) peneliti membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dapat dikemukakan sebagai berikut. Pertama, ada tiga model pembelajaran tipe kooperatif yang digunakan untuk mengajarkan materi menelaah struktur syair yaitu model pembelajaran Jigsaw, model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Kedua, proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yaitu adanya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan ketiga model yang telah ditentukan, dan nilai hasil rata-rata yang tertinggi diperoleh dari setiap kelompok dengan menggunakan model-model pembelajaran yang digunakan. Dari hasil pembelajaran dengan menggunakan tiga model pembelajaran yang digunakan, model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) yang paling sesuai digunakan untuk mengajarkan materi menelaah struktur syair pada siswa kelas VII SMP. Hal ini terbukti dengan pemerolehan nilai rata-rata tertinggi dari setiap kelompok yaitu 86.
Tidak Tersedia Deskripsi
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MATERI MENELAAH STRUKTUR CERITA PENDEK KELAS IX-3 SMP NEGERI 5 TAKENGON (Selly Mayunita, 2022)
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KEPALA BERNOMOR STRUKTURRNDENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAWRNPADA MATERI GAYA DI KELAS VRNSDN 16 BANDA ACEH (siti hamidah, 2014)
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL KEPALA BERNOMOR STRUKTUR PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA DI KELAS V SDN 50 BANDA ACEH (Anis Manidar, 2014)
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR ATOM MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING (Nurliana, 2021)
PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR RNSISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHANRNDI KELAS IV SD NEGERI 20 BANDA ACEH (Yusmaniar, 2014)