IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA WIRAUSAHA DI MAN MODEL BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA WIRAUSAHA DI MAN MODEL BANDA ACEH


Pengarang

Lisnawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1809200050001

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

IMPLEMENTASI KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH
DALAM MEMBANGUN BUDAYA WIRAUSAHA
DI MAN MODEL BANDA ACEH
Oleh: Lisnawati
NPM: 1809200050001
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Niswanto, M. Pd.
ABSTRAK
Kompetensi kewirausahaan kepala sekolah memiliki peranan penting dalam membangun budaya wirausaha di sekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang implementasi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dalam membangun budaya wirausaha di MAN Model Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa di MAN Model Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program kewirausahaan oleh kepala sekolah dilakukan melalui berbasis mata pelajaran yaitu prakarya dan kewirausahaan, dari mata pelajaran tersebut menghasilkan berbagai macam karya. Terdapat program tahunan dan program semester yang ada di sekolah meliputi: saleum (acara tahunan sekolah) dan expo madrasah (porseni) yang dilakukan 2 tahun sekali, sekolah juga mengikuti pameran pada HAB (Hari Amal Bhakti). Selain itu, sekolah sudah melakukan suatu perencanaan untuk pengembangan wirausaha di sekolah yaitu market day; (2) Pelaksanaan program kewirausahaan dilakukan melalui mata pelajaran yang dijalankan oleh guru, terdiri dari teori dan praktik. Inovasi yang dihasilkan tergantung dengan latar belakang pendidikan guru yang mengajar bidang studi prakarya dan kewirausahaan; dan (3) Hambatan dalam penerapan program kewirausahaan di sekolah yaitu sumber daya manusia yang belum mumpuni, fasilitas dan terbatasnya waktu untuk mengembangkan skill.

Kata Kunci: Kompetensi Kewirausahaan dan Budaya Wirausaha

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK