Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Deni Fajar Wicoksono - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1809200050025
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KEPEMIMPINAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI
KOTA BANDA ACEH
Oleh : Deni Fajar Wicoksono
NPM : 1809200050025
Komisi Pembimbing :
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd.
ABSTRAK
Kompetensi manajerial adalah kemampuan kepala sekolah dalam mengelola organisasi, membina guru, pelaksanaan dan evaluasi guru, kepala sekolah membuat program pelaksanaan dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kompetensi kepala sekolah dalam merencanakan program, pelaksanaan, dan mengetahui kendala dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data yang diambil melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan pengawas. Data dianalisis dengan cara mereduksi, penyajian, mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kompetensi manajerial dalam meningkatkan kinerja guru dengan mengelola, memotivasi dan membina guru; (2) Program kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dengan membuat perencanaan pembelajaran sekolah, supervisi akademik, evaluasi, assesmen, ekstrakurikuler, rapat kerja, mengadakan pelatihan/workshop, pemanggilan narasumber, pengarahan MGMP bidang studi, hubungan sosial masyarakat, literasi dan PPDB; (3) Pelaksanaan kepala sekolah dimulai dari supervisi akademik, tindak lanjut, evaluasi, penilaian guru, memotivasi guru, penerapan Standar Nasional Pendidikan, dan menjalin hubungan sosial kemasyarakatan di lingkungan sekolah; dan (4) Kendala yang dihadapi kepala sekolah, kurangnya partisipasi guru dalam mengikuti program kepala sekolah, disiplin guru, dan sebagian guru yang sudah lanjut usia. Kompetensi, program, dan pelaksanaan manajerial kepala sekolah belum berjalan dengan baik, dan setiap sekolah mempunyai kendala. Untuk mengantisipasi kendala yang ada di lapangan, kepala sekolah sudah melaksanakan tugasnya dengan optimal.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Manajerial, dan Kinerja Guru.
Tidak Tersedia Deskripsi
KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MAN 1 TAKENGON (KAUSARA USMAN, 2016)
GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM RNMENINGKATKAN KINERJA GURU PADA RNSD NEGERI LAMBARO ANGAN (SITI NURBAYA M. ALI, 2014)
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI BANDA ACEH (Kasidah, 2016)
PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (Safna Ananda Al-Azhimma, 2020)
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMP NEGERI 1 DAN SMP NEGERI 13 BANDA ACEH (MUHAIYAR, 2018)