PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMAN SIGLI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMAN SIGLI


Pengarang

AUDIA ANDA RINI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1706203010011

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S2) / PDDIKTI : 84105

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Audia Anda Rini : Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi di SMANSigli

Pembimbing I. Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si. Pembimbing II. Dr. Khairil, M.Si.

ABSTRAK
Hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis merupakan dua aspek kognitif yang perlu diperhatikan dan dicapai dalam pembelajaran. Hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis dapat dicapai apabila guru dapat menerapkan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan dalam pembelajaran. Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media video merupakan salah satu kombinasi model dan media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media video terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pretest postest control group design. Subjek penelitian adalah 112 siswa kelas XI SMA yang dibagi menjadi dua, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setiap kelompok terdiri dari 56 siswa dipilih secara acak. Parameter yang diukur adalah hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Data hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis dianalisis dengan statistik parametrik yaitu independent sample t-test. Hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dilihat melalui analisis korelasi dan regresi. Uji beda dua rata-rata N-Gain hasil belajar antara kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan thit (6,65) > ttab (1,98), sedangkan uji beda dua rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis antara kelompok kontrol dan eksperimen juga menunjukkan thit (4,64) > ttab (1,98). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan pada hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelompok kontrol dengan eksperimen. Koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media video dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar, serta keterampilan berpikir kritis memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Berpikir Kritis, STAD, Media Video.







Audia Anda Rini : Application of the Student Team Achievement Division
(STAD) Learning Model with Learning Videos to Improve
Critical Thinking Skills and Student Learning Outcomes in
Coordination System Topic at SMAN Sigli

Advisor I. Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si. Advisor II. Dr. Khairil, M.Si.
ABSTRACT
Learning outcomes and critical thinking skills are two cognitive aspects that need to be considered and achieved in learning. Learning outcomes and critical thinking skills can be achieved if teachers can apply learning models and media in accordance with the material taught in learning. The application of the STAD learning model assisted by video media is a combination of learning models and media that can be applied in learning. This study aims to determine the effect of the application of the STAD learning model assisted by video media on learning outcomes and critical thinking skills. This study used an experimental method with a pretest posttest control group design. The research subjects were 112 high school students of class XI who were divided into two, namely the experimental group and the control group. Each group consisted of 56 students randomly selected. The parameters measured are learning outcomes and critical thinking skills. Data on learning outcomes and critical thinking skills were analyzed using parametric statistics, namely the independent sample t-test. The relationship between critical thinking skills and learning outcomes is seen through correlation and regression analysis. The two-difference test mean of N-Gain of learning outcomes between the control and experimental groups showed t-value (6.65)> t-table (1.98), while the two difference test mean of N-Gain of critical thinking skills between the control and experimental groups also indicates t-value (4.64)> t-table (1.98). The results showed that there was a significant mean difference in learning outcomes and critical thinking skills of students between the control group and the experiment. The correlation coefficient shows that there is a positive relationship between critical thinking skills and learning outcomes. The application of the STAD learning model assisted by video media can improve critical thinking skills and learning outcomes, as well as critical thinking skills have a positive effect on learning outcomes.

Keywords: Learning Outcomes, Critical Thinking, STAD, Video Media.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK