Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMAN SIGLI
Pengarang
AUDIA ANDA RINI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1706203010011
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S2) / PDDIKTI : 84105
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Audia Anda Rini : Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi di SMANSigli
Pembimbing I. Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si. Pembimbing II. Dr. Khairil, M.Si.
ABSTRAK
Hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis merupakan dua aspek kognitif yang perlu diperhatikan dan dicapai dalam pembelajaran. Hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis dapat dicapai apabila guru dapat menerapkan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan dalam pembelajaran. Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media video merupakan salah satu kombinasi model dan media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media video terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pretest postest control group design. Subjek penelitian adalah 112 siswa kelas XI SMA yang dibagi menjadi dua, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setiap kelompok terdiri dari 56 siswa dipilih secara acak. Parameter yang diukur adalah hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Data hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis dianalisis dengan statistik parametrik yaitu independent sample t-test. Hubungan antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dilihat melalui analisis korelasi dan regresi. Uji beda dua rata-rata N-Gain hasil belajar antara kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan thit (6,65) > ttab (1,98), sedangkan uji beda dua rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis antara kelompok kontrol dan eksperimen juga menunjukkan thit (4,64) > ttab (1,98). Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan pada hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara kelompok kontrol dengan eksperimen. Koefisien korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar. Penerapan model pembelajaran STAD berbantuan media video dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar, serta keterampilan berpikir kritis memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Berpikir Kritis, STAD, Media Video.
Audia Anda Rini : Application of the Student Team Achievement Division
(STAD) Learning Model with Learning Videos to Improve
Critical Thinking Skills and Student Learning Outcomes in
Coordination System Topic at SMAN Sigli
Advisor I. Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si. Advisor II. Dr. Khairil, M.Si.
ABSTRACT
Learning outcomes and critical thinking skills are two cognitive aspects that need to be considered and achieved in learning. Learning outcomes and critical thinking skills can be achieved if teachers can apply learning models and media in accordance with the material taught in learning. The application of the STAD learning model assisted by video media is a combination of learning models and media that can be applied in learning. This study aims to determine the effect of the application of the STAD learning model assisted by video media on learning outcomes and critical thinking skills. This study used an experimental method with a pretest posttest control group design. The research subjects were 112 high school students of class XI who were divided into two, namely the experimental group and the control group. Each group consisted of 56 students randomly selected. The parameters measured are learning outcomes and critical thinking skills. Data on learning outcomes and critical thinking skills were analyzed using parametric statistics, namely the independent sample t-test. The relationship between critical thinking skills and learning outcomes is seen through correlation and regression analysis. The two-difference test mean of N-Gain of learning outcomes between the control and experimental groups showed t-value (6.65)> t-table (1.98), while the two difference test mean of N-Gain of critical thinking skills between the control and experimental groups also indicates t-value (4.64)> t-table (1.98). The results showed that there was a significant mean difference in learning outcomes and critical thinking skills of students between the control group and the experiment. The correlation coefficient shows that there is a positive relationship between critical thinking skills and learning outcomes. The application of the STAD learning model assisted by video media can improve critical thinking skills and learning outcomes, as well as critical thinking skills have a positive effect on learning outcomes.
Keywords: Learning Outcomes, Critical Thinking, STAD, Video Media.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIPADU PROBLEM BASED
LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (NURUL MAWADDAH, 2022)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA POKOK BAHASAN FUNGSI DI KELAS VIII SMPN 1 BAITUSSALAM (royki rosmandi, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) MELALUI PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS DI KELAS X-IPA 1 SMA NEGERI 1 SEUNAGAN (Asma Yani, 2017)
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LOGIS MATEMATIK SISWA SMK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MAPLE (Maryanti, 2019)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN STUDENTRNTEAM ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 7 RNBANDA ACEH (Mahrami, 2015)