TINJAUAN KAPASITAS PARKIR TERHADAP VOLUME PARKIR PADA JALAN MOHAMMAD JAM KOTA BANDA ACEH. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

TINJAUAN KAPASITAS PARKIR TERHADAP VOLUME PARKIR PADA JALAN MOHAMMAD JAM KOTA BANDA ACEH.


Pengarang

MACKSALMINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1604001010055

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (D3) / PDDIKTI : 22401

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)


ABSTRAK
Pusat perekonomian di Kota Banda Aceh terletak di beberapa bagian salah satunya di
Jalan Mohammad Jam. Adanya aktivitas komersial ini menarik masyarakat untuk
mengunjungi ke tempat tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehingga menimbulkan
aktivitas parkir yang menggunakan badan jalan (on street parking). Masalah ini dapat
dipecahkan melalui survei lapangan untuk mengetahui secara tepat permasalahan yang
ada dan menghitung kapasitas parkir roda empat dan roda dua di Jalan Mohammad Jam
Kota Banda Aceh apakah mampu menampung kendaraan yang masuk atau tidak.
Kendaraan yang ditinjau hanyalah kendaraan yang parkir pada badan jalan di Jalan
Mohammad Jam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji ulang dan mengevaluasi
kapasitas parkir yang ada pada saat ini apakah masih mampu menampung volume
kendaraan yang parkir pada badan jalan di Jalan Mohammad Jam. Metode penelitian
yang dilakukan mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, dan analisis data. Data
primer berupa kapasitas ruang parkir, data plat nomor dan waktunya, dan data jumlah
kendaraan. Data sekunder berupa peta Kota Banda Aceh dan peta lokasi Jalan
Mohammad Jam. Hasil dari penelitian ini diperoleh sebagai berikut : jam puncak
kedatangan interval waktu 1 jam kendaraan roda 4 terjadi pada hari Rabu pukul 17.00
– 18.00 sebesar 118 kend/jam sedangkan untuk kendaraan roda 2 terjadi pada hari Rabu
pukul 13.00 – 14.00 sebesar 240 kend/jam. Sedangkan interval waktu 1 hari untuk
kendaraan roda 4 terjadi pada hari sabtu 698 kend/hari dan kendaraan roda 2 sebesar
1.114 kend/hari. Rata-rata lamanya parkir dengan kedaraan roda 4 tertinggi pada hari
Sabtu sebesar 0,34 jam/kend dan kendaraan roda 2 pada hari Sabtu 0,26 jam/kend.
Akumulasi parkir tertinggi kendaraan roda 4 selama 2 hari pengamatan terjadi pada
hari Sabtu pukul 13.00 – 14.00 sebesar 215 kendaraan dan kendaraan roda 2 terjadi
pada hari Rabu pukul 13.00 – 14.00 sebesar 385 kendaraan. Kapasitas parkir tertinggi
kendaraan roda 4 terjadi pada hari Rabu sebesar 300 kend/jam dan kendaraan roda 2
terjadi pada hari Rabu sebesar 354 kend/jam. Kebutuhan ruang parkir tertinggi
kendaraan roda 4 pada hari Sabtu 12,6 SRP dan kendaraan roda 2 terjadi pada hari
Sabtu 11,82 SRP. Indeks parkir tertinggi kendaraan roda 4 terjadi pada hari sabtu pukul
13.00 - 14.00 sebesar 0,90 dan kendaraan roda 2 terjadi pada hari Rabu pukul 13.00 –
14.00 sebesar 1,19, yang berarti IP > 1 maka perlu penataan parkir baik dar segi
geometrik maupun manajemen perparkiran.


Kata Kunci : Karakteristik parkir, kapasitas dan kebutuhan parkir.


iv

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK