Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
TINJAUAN KAPASITAS PARKIR TERHADAP VOLUME PARKIR PADA JALAN MOHAMMAD JAM KOTA BANDA ACEH.
Pengarang
MACKSALMINA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1604001010055
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Sipil (D3) / PDDIKTI : 22401
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Pusat perekonomian di Kota Banda Aceh terletak di beberapa bagian salah satunya di
Jalan Mohammad Jam. Adanya aktivitas komersial ini menarik masyarakat untuk
mengunjungi ke tempat tersebut untuk memenuhi kebutuhan sehingga menimbulkan
aktivitas parkir yang menggunakan badan jalan (on street parking). Masalah ini dapat
dipecahkan melalui survei lapangan untuk mengetahui secara tepat permasalahan yang
ada dan menghitung kapasitas parkir roda empat dan roda dua di Jalan Mohammad Jam
Kota Banda Aceh apakah mampu menampung kendaraan yang masuk atau tidak.
Kendaraan yang ditinjau hanyalah kendaraan yang parkir pada badan jalan di Jalan
Mohammad Jam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji ulang dan mengevaluasi
kapasitas parkir yang ada pada saat ini apakah masih mampu menampung volume
kendaraan yang parkir pada badan jalan di Jalan Mohammad Jam. Metode penelitian
yang dilakukan mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, dan analisis data. Data
primer berupa kapasitas ruang parkir, data plat nomor dan waktunya, dan data jumlah
kendaraan. Data sekunder berupa peta Kota Banda Aceh dan peta lokasi Jalan
Mohammad Jam. Hasil dari penelitian ini diperoleh sebagai berikut : jam puncak
kedatangan interval waktu 1 jam kendaraan roda 4 terjadi pada hari Rabu pukul 17.00
– 18.00 sebesar 118 kend/jam sedangkan untuk kendaraan roda 2 terjadi pada hari Rabu
pukul 13.00 – 14.00 sebesar 240 kend/jam. Sedangkan interval waktu 1 hari untuk
kendaraan roda 4 terjadi pada hari sabtu 698 kend/hari dan kendaraan roda 2 sebesar
1.114 kend/hari. Rata-rata lamanya parkir dengan kedaraan roda 4 tertinggi pada hari
Sabtu sebesar 0,34 jam/kend dan kendaraan roda 2 pada hari Sabtu 0,26 jam/kend.
Akumulasi parkir tertinggi kendaraan roda 4 selama 2 hari pengamatan terjadi pada
hari Sabtu pukul 13.00 – 14.00 sebesar 215 kendaraan dan kendaraan roda 2 terjadi
pada hari Rabu pukul 13.00 – 14.00 sebesar 385 kendaraan. Kapasitas parkir tertinggi
kendaraan roda 4 terjadi pada hari Rabu sebesar 300 kend/jam dan kendaraan roda 2
terjadi pada hari Rabu sebesar 354 kend/jam. Kebutuhan ruang parkir tertinggi
kendaraan roda 4 pada hari Sabtu 12,6 SRP dan kendaraan roda 2 terjadi pada hari
Sabtu 11,82 SRP. Indeks parkir tertinggi kendaraan roda 4 terjadi pada hari sabtu pukul
13.00 - 14.00 sebesar 0,90 dan kendaraan roda 2 terjadi pada hari Rabu pukul 13.00 –
14.00 sebesar 1,19, yang berarti IP > 1 maka perlu penataan parkir baik dar segi
geometrik maupun manajemen perparkiran.
Kata Kunci : Karakteristik parkir, kapasitas dan kebutuhan parkir.
iv
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH PARKIR KENDARAAN TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS RN(STUDI KASUS: PADA JALAN MOHAMMAD JAM BANDA ACEH) (Hadi Surya, 2024)
TINJAUAN KAPASITAS DAN TINGKAT PELAYANAN JALAN WR. SUPRATMAN KOTA BANDA ACEH AKIBAT PARKIR (NURISA YANTI, 2024)
TINJAUAN PARKIR PADA BADAN JALANRN(STUDI KASUS PADA PIAS JALAN DEPAN BANK BCARNJALAN T. PANGLIMA POLEM - BANDA ACEH ) (Fitriani, 2023)
TINJAUAN PARKIR TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN PADA KAWASAN SEKOLAH (STUDI KASUS : JALAN SYIAH KUALA BANDA ACEH) (Ulul azmi, 2024)
EVALUASI KELAYAKAN POLA PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KINERJA JALAN MOHAMMAD JAM KOTA BANDA ACEH (Tarmizi, 2015)