KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN SOAL BUKAN CERITA MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUNARON | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN SOAL BUKAN CERITA MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUNARON


Pengarang

Khairunnisah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606103020015

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika, baik soal cerita maupun soal bukan cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan soal bukan cerita matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian mixed methods dengan stategi concurrent embedded strategy. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Peunaron yang berjumlah 16 orang kemudian dipilih tiga orang untuk diwawancarai. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara yang dianalisis melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata 48,13. Tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal bukan cerita matematika berada pada kategori kurang dengan nilai rata-rata 27,31. Faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan soal bukan cerita matematika adalah pengalaman, motivasi, kemampuan memahami masalah, keterampilan, dan gaya belajar. Dengan demikian hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan acuan untuk memaksimalkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dan soal bukan cerita matematika.
Kata kunci: kemampuan menyelesaikan soal, soal cerita matematika, soal bukan cerita matematika

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK