Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN METODE MIND MAPPING BERBASIS MEDIA MINDJET MINDMANAGER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMA NEGERI 4 KOTA BANDA ACEH
Pengarang
annisa istiqamah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006103040046
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: Mind mapping, Mindjet mindmanager, Hidrolisis Garam
Penelitian yang berjudul “Penerapan Metode mind mapping Berbasis Media mindjet
mindmanager terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam di SMA
Negeri 4 Kota Banda Aceh” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas
siswa, dan tanggapan siswa melalui penerapan Metode mind mapping Berbasis Media
mindjet mindmanager. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan
menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil mind mapping siswa dalam
penelitian ini digunakan sebagai tugas yang harus dikerjakan siswa setelah proses belajar
mengajar dilakukan. Hasil tes bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa di akhir
pertemuan. Lembar aktivitas siswa dan tanggapan siswa digunakan sebagai data
pendukung dalam penelitian ini. Pengolahan data secara kualitatif dalam bentuk
persentase dan analisis data yang digunakan dalam korelasi antara mind mapping dengan
hasil tes belajar siswa adalah menggunakan rumus korelasi product moment. Siswa yang
membuat mind mapping dengan kategori sangat terampil sebesar 38,709%, terampil
sebesar 38,709%, cukup terampil sebesar 0% dan tidak terampil sebesar 22,58. Hasil tes
menunjukan siswa yang tuntas sebesar 87,09% dan siswa yang tidak tuntas sebesar
12,91%. Hasil analisis korelasi antara mind mapping dengan hasil tes belajar siswa
menunjukkan tidak ada hubungan yang positif antara hasil mind mapping siswa dengan
hasil tes belajar siswa (Ho diterima). Persentase aktivitas siswa selama proses belajar
mengajar yaitu 90,62%. Persentase siswa yang memberikan tanggapan positif sebesar
77,78% sedangkan yang memberikan tanggapan negatif sebesar 22,22%. Berdasarkan
hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping
berbasis media mindjet mindmanager dapat menuntaskan hasil belajar siswa,
menimbulkan dampak aktivitas siswa yang sangat baik, dan tanggapan siswa yang
cukup baik.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS MEDIA MINDJET MINDMANAGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANALIS VEKTOR UNTUK GERAK DI SMAN.12 BANDA ACEH (Adhisty Radina, 2016)
PENGGUNAAN MEDIA MIND MAPPING MENGGUNAKAN MINDJET MINDMANAGER PADA MATERI KONSEP MOL DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Fatria Alfajar, 2019)
PENERAPAN SRTATEGI PETA KONSEP BERBANTUAN MEDIA MINDJET MINDMANAGER DALAM PEMBELAJARAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (Rahmidar Purnama Sari, 2017)
THE IMPLEMENTATION OF MIND MAPPING TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT (A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT GRADE VIII, SEMESTER 1,SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA IN ACEH TENGGARA) (RUSYDI, 2014)
PENGEMBANGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATERI BANJIR UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KESIAPSIAGAAN SERTA EFEKTIVITAS PENERAPAN PADA SISWA MA DARUL ULUM, BANDA ACEH (Halimatun Sakdiah, 2018)