PROFIL SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DAYAH DARUL IHSAN ABU KRUENG KALEE ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PROFIL SISWA MADRASAH TSANAWIYAH DAYAH DARUL IHSAN ABU KRUENG KALEE ACEH BESAR


Pengarang

Asriyah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606101030004

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Asriyah. 2020. Profil Siswa Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Kalee Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. T.M. Jamil, M.Si (2) Drs. Zakaria, M.Ed
Kata kunci: Profil, Siswa Madrasah Tsanawiyah.
Penelitian ini berjudul “Profil Siswa Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Kalee Aceh Besar”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Profil siswa Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan, Alasan yang menjadi pendorong siswa melanjutkan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan dan kendala yang dihadapi siswa selama melanjutkan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa dan guru Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan. Sedangkan sumber data diperoleh dari data primer yaitu dari hasil survey langsung ke lokasi penelitian yaitu Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan dan data sekunder diperoleh dari guru Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan siswa Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan Abu Krueng Kalee Aceh Besar. Berasal dari berbagai daerah, namun lebih didominasi oleh siswa dari Aceh Besar dan Banda Aceh. Siswa Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan memiliki nilai karakter yang baik, yaitu mampu membaca Al-Quran dengan lancar, mampu membaca kitab seperti kitab Arab jawi, memiliki sifat yang mandiri, sopan santun (sikap dan pakaian), bertanggung jawab, siswa juga dituntut untuk bisa berbahasa Arab dan Inggris serta aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan mampu bersosialisasi baik dengan masyarakat. Alasan atau faktor pendorong utama siswa melanjutkan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan adalah minat atau keinginan siswa sendiri, namun dorongan orang tua atau teman juga menjadi salah satu faktor siswa memilih Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Kendala yang dihadapi siswa Madrasah Tsanawiyah Dayah Darul Ihsan pada umumnya adalah mahkamah (hukuman), rasa rindu terhadap orang tua dan keluarga serta ada beberapa fasilitas yang belum memadai seperti, lab biologi yang belum ada dan masalah air bersih untuk mandi dan mencuci.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK