MANAJEMEN PERPARKIRAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

MANAJEMEN PERPARKIRAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH


Pengarang

AFFANDI AKHBAR DK - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200060087

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

MANAJEMEN PERPARKIRAN DI RUMAH SAKIT dr. ZAINOEL
ABIDIN BANDA ACEH

Affandi Akhbar
NIM 1609200060040

Magister Teknik Sipil
Jurusan Teknik Sipil – Fakultas Teknik
Universitas Syiah Kuala


ABSTRAK
Rumah Sakit dr Zainoel Abidin (RSUDZA) merupakan RS Tipe A yang terdapat
di Kota Banda Aceh. Sebagai RS rujukan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
(NAD), RS ini memiliki jumlah tempat tidur sebanyak 742 bed, 2456 karyawan
baik medis dan nonmedis serta terdapat jumlah pasien lebih kurang sebanyak
sebanyak 323.600 orang/tahun.
Sesuai dengan peraturan perparkiran, RS sebagai
area publik wajib memiliki area parkir. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan
manajemen parkir di areal parkir RSUDZA yang terapat pada 4 lokasi. Penelitian
ini dilakukan setelah mendapatkan Laik Etik dari Komite Etik Penelitian di
RSUDZA dengan nomor 39/EA/FK-RSUDZA/2019. Penelitian ini diawali
dengan identifikasi permasalahan parkir melalui survey langsung kepada
pengguna parkir dan observasi langsung pada areal parkir, kemudian dilakukan
perencanaan perparkiran dengan penataan ulang parkir sesuai dengan hasil
identifikasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa 7,7% (30 orang) pengguna parkir
sangat puas, 91% (356 orang) puas, dan 1,3% (5 orang) tidak puas. Sedangkan
hasil pengamatan didapatkan hasil bahwa, akumulasi parkir tertinggi pada 3 hari
pengamatan baik untuk roda 4 dan roda 2 pada 4 areal parkir berkisar dari jam
09.45 hingga 11.15 WIB. Areal pakir yang memiliki turnover tertinggi terdapat
pada zona 1, sedangkan zona 3 dan 4 tidak memiliki SRP. Peneliti
merekomendasikan penataan area parkir yang sesuai dengan data yang didapatkan
yaitu penataan ulang dan mendesain SRP untuk Zona 3 dan 4, melengkapi rambu
perparkiran, menata ulang peruntukan parkir untuk memenuhi kebutuhan
pengguna parkir seperti direksi, karyawan, staf, pasien dan keluarga, pengunjung
dan mahasiswa.

Kata kunci: Manajemen, Parkir, Rumah Sakit Zainoel Abidin, Kepuasan
Pengguna


PARKING MANAGEMENT at dr. ZAINOEL ABIDIN HOSPITAL
BANDA ACEH

Affandi Akhbar
Student Number : 1609200060040

Master Program of Civil Engineering
Civil Engineering Department of Engineering Faculty
Syiah Kuala University


ABSTRACT

Dr. Zainoel Abidin Hospital (RSUDZA) is a referral hospital in Nanggroe Aceh
Darussalam (NAD) Province, this hospital has a total of 742 beds, approximately
2456 employees both medical and non-medical and there are approximately
323,600 patients / year. In accordance with parking regulations, hospitals as
public areas are required to have a parking area. This study aims to carry out
parking management in the parking area of RSUDZA which is located at 4
locations. This research was conducted after obtaining Ethical Acceptance from
the Research Ethics Committee at RSUDZA with number 39 / EA / FK-RSUDZA
/ 2019. This research begins with the identification of parking problems through
direct surveys of parking users and direct observation of the parking area, then
parking planning is carried out with parking rearrangements in accordance with
the identification results. The results showed that 7.7% (30 people) parking users
were very satisfied, 91% (356 people) were satisfied, and 1.3% (5 people) were
not satisfied. While the results of the observation showed that, the highest parking
accumulation on 3 days of observation for both 4-wheeled and 2-wheeled parking
areas ranged from 09.45 to 11.15 WIB. The parkir area that has the highest
turnover is Zona 1. There is no SRP in parking area 3 and area 4. Researchers
recommend the arrangement of the parking area according to the data obtained,
namely rearranging and designing the SRP for Zones 3 and 4, completing parking
signs, rearranging parking designations to meet the needs of parking users such as
directors, employees, staff, patients and families, visitors, and students.

Keywords: Parking Management, Zainoel Abidin Hospital, Customer Satisfaction






Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK