Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
MANAJEMEN PERPARKIRAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH
Pengarang
AFFANDI AKHBAR DK - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1609200060087
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
MANAJEMEN PERPARKIRAN DI RUMAH SAKIT dr. ZAINOEL
ABIDIN BANDA ACEH
Affandi Akhbar
NIM 1609200060040
Magister Teknik Sipil
Jurusan Teknik Sipil – Fakultas Teknik
Universitas Syiah Kuala
ABSTRAK
Rumah Sakit dr Zainoel Abidin (RSUDZA) merupakan RS Tipe A yang terdapat
di Kota Banda Aceh. Sebagai RS rujukan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam
(NAD), RS ini memiliki jumlah tempat tidur sebanyak 742 bed, 2456 karyawan
baik medis dan nonmedis serta terdapat jumlah pasien lebih kurang sebanyak
sebanyak 323.600 orang/tahun.
Sesuai dengan peraturan perparkiran, RS sebagai
area publik wajib memiliki area parkir. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan
manajemen parkir di areal parkir RSUDZA yang terapat pada 4 lokasi. Penelitian
ini dilakukan setelah mendapatkan Laik Etik dari Komite Etik Penelitian di
RSUDZA dengan nomor 39/EA/FK-RSUDZA/2019. Penelitian ini diawali
dengan identifikasi permasalahan parkir melalui survey langsung kepada
pengguna parkir dan observasi langsung pada areal parkir, kemudian dilakukan
perencanaan perparkiran dengan penataan ulang parkir sesuai dengan hasil
identifikasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa 7,7% (30 orang) pengguna parkir
sangat puas, 91% (356 orang) puas, dan 1,3% (5 orang) tidak puas. Sedangkan
hasil pengamatan didapatkan hasil bahwa, akumulasi parkir tertinggi pada 3 hari
pengamatan baik untuk roda 4 dan roda 2 pada 4 areal parkir berkisar dari jam
09.45 hingga 11.15 WIB. Areal pakir yang memiliki turnover tertinggi terdapat
pada zona 1, sedangkan zona 3 dan 4 tidak memiliki SRP. Peneliti
merekomendasikan penataan area parkir yang sesuai dengan data yang didapatkan
yaitu penataan ulang dan mendesain SRP untuk Zona 3 dan 4, melengkapi rambu
perparkiran, menata ulang peruntukan parkir untuk memenuhi kebutuhan
pengguna parkir seperti direksi, karyawan, staf, pasien dan keluarga, pengunjung
dan mahasiswa.
Kata kunci: Manajemen, Parkir, Rumah Sakit Zainoel Abidin, Kepuasan
Pengguna
PARKING MANAGEMENT at dr. ZAINOEL ABIDIN HOSPITAL
BANDA ACEH
Affandi Akhbar
Student Number : 1609200060040
Master Program of Civil Engineering
Civil Engineering Department of Engineering Faculty
Syiah Kuala University
ABSTRACT
Dr. Zainoel Abidin Hospital (RSUDZA) is a referral hospital in Nanggroe Aceh
Darussalam (NAD) Province, this hospital has a total of 742 beds, approximately
2456 employees both medical and non-medical and there are approximately
323,600 patients / year. In accordance with parking regulations, hospitals as
public areas are required to have a parking area. This study aims to carry out
parking management in the parking area of RSUDZA which is located at 4
locations. This research was conducted after obtaining Ethical Acceptance from
the Research Ethics Committee at RSUDZA with number 39 / EA / FK-RSUDZA
/ 2019. This research begins with the identification of parking problems through
direct surveys of parking users and direct observation of the parking area, then
parking planning is carried out with parking rearrangements in accordance with
the identification results. The results showed that 7.7% (30 people) parking users
were very satisfied, 91% (356 people) were satisfied, and 1.3% (5 people) were
not satisfied. While the results of the observation showed that, the highest parking
accumulation on 3 days of observation for both 4-wheeled and 2-wheeled parking
areas ranged from 09.45 to 11.15 WIB. The parkir area that has the highest
turnover is Zona 1. There is no SRP in parking area 3 and area 4. Researchers
recommend the arrangement of the parking area according to the data obtained,
namely rearranging and designing the SRP for Zones 3 and 4, completing parking
signs, rearranging parking designations to meet the needs of parking users such as
directors, employees, staff, patients and families, visitors, and students.
Keywords: Parking Management, Zainoel Abidin Hospital, Customer Satisfaction
Tidak Tersedia Deskripsi
PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)
PENGARUH WORKAHOLIC DAN TUNTUTAN PEKERJAAN TERHADAP KEJENUHAN KERJA DENGAN KONFLIK PERAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI(STUDI PADA DOKTER MUDA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH) (RAHMI WARIZKI, 2014)
PENGARUH KONFLIK PERAN GANDA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI KERJA DANRNDAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERAWAT WANITARNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (HUSNAWATI, 2014)
PENGARUH PENERAPAN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEGIS TERHADAP KINERJA INOVASI DENGAN KAPASITAS MANEJEMEN PENGETAHUAN SEBAGAI MEDIATOR PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (M.ZUBIR, 2023)
GAMBARAN SELF-MANAGEMENT PADA PASIEN POST STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (Akrima Sabila, 2022)