ANALISIS E-PARKING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA JALAN T. PANGLIMA NYAK MAKAM (STUDI KASUS STA 0+ 450 – STA 0 + 570 ARAH MENUJU KANTOR GUBERNUR) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

ANALISIS E-PARKING DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA JALAN T. PANGLIMA NYAK MAKAM (STUDI KASUS STA 0+ 450 – STA 0 + 570 ARAH MENUJU KANTOR GUBERNUR)


Pengarang

RIJALUL IKHSAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1604101010125

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2021

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Tugas Akhir Sarjana

Analisis E-Parking Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Jalan T. Panglima Nyak Makam
(studi kasus sta 0+450 - 0+570 arah menuju Kantor Gubernur)

Rijalul ikhsan
1604101010125

Program Studi Sarjana Teknik Sipil
Jurusan Teknik Sipil-Fakultas Teknik
Universitas Syiah Kuala

Abstrak
Jalan T. Panglima Nyak Makam memiliki dua lajur efektif pada arah menuju Kantor Gubernur. Untuk meningkatkan kinerja Jalan T. Panglima Nyak Makam pemerintah membangun e-parking pada Sta 0+450 sampai Sta 0+570 arah menuju Kantor Gubernur. Setelah dibangun e-parking kinerja Jalan T. Panglima Nyak Makam meningkat dikarenakan tidak adanya aktivitas parkir di badan jalan. Pada penelitian sebelumnya yang dilakukan Ulfah (2013) pada jam puncak pukul 07:30-08:30 WIB didapatkan kinerja jalan terburuk yaitu volume lalu lintas 1276,6 smp/jam, kapasitas jalan adalah 1925 smp/jam serta derajat kejenuhan adalah 0,7. Selain itu Tarif parkir yang berlaku di area e-parking adalah tarif parkir tetap, dimana biaya parkir tidak dipengaruhi oleh durasi pakir. Pengguna parkir dengan waktu yang lama dan sebentar dikenakan tarif yang sama dikarenakan hal itu banyak orang yang berlama lama di e-parking yang menyebabkan kebutuhan ruang parkir menjadi bermasalah. Karenanya perlu analisa parkir berupa tarif parkir progresif agar terjadinya pertukaran parkir. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberi gambaran kinerja jalan setelah adanya e-parking di Jalan T.Panglima Nyak Makam Sta 0+450 sampai Sta 0+570 arah menuju Kantor Gubernur dan menganalisa tarif parkir progresif berdasarkan ability to pay (ATP) dan willingness to pay (WTP) pengguna e-parking. Survei akan dilakukan 3 hari tepatnya pada 1 hari kerja dan 2 hari libur. Berdasarkan pengumpulan dan pengolahan data didapatkan pada jam puncak 17:30-18:30 WIB volume lalu lintas adalah 1112,6 smp/jam, kapasitas jalan 2851 smp/jam dan derajat kejenuhan sebesar 0,39. Kemudian didapatkan nilai tarif ATP pengguna e-parking kendaraan roda dua pada jam pertama Rp.911 dan pada jam selanjutnya Rp.448 dan kendaraan roda empat pada jam pertama Rp.1966,57 dan jam selanjutnya Rp.727,33. Sedangkan untuk nilai tarif WTP pengguna e-parking kendaraan roda dua pada jam pertama adalah Rp.1308 dan jam selanjutnya Rp.764, dan untuk kendaraan roda empat pada jam pertama adalah Rp.2119 dan jam selanjutnya Rp.1.033.
Kata kunci : ability to pay, willingness to pay, E-parking , tarif parkir progresif , derajat kejenuhan


Bachelor Final Project

Analysis Of E-Parking And Its Impact On The Street Performance Of T. Panglima Nyak Makam
(case study sta 0 + 450 - 0 + 570 direction of the governor's office)

Rijalul ikhsan
1604101010125

Bachelor of Civil Engineering Study Program
Department of Civil Engineering-Faculty of Engineering
University of Syiah Kuala

Abstract
T. Panglima Nyak Makam Street has an effective two - lane direction towards the Governor's Office. To improve the performance of T. Panglima Nyak Makam Street, the government built e-parking at Sta 0 + 450 to Sta 0 + 570 Directions to the Governor's Office. After the e-parking was built, the performance of T. Panglima Nyak Makam Street increased because there was no parking activity on the road. In a previous study conducted by Ulfah (2013) at peak hours 07:30-08:30 WIB, road performance was obtained, namely traffic volume 1276.6 pcu / hour, road capacity was 1925 pcu / hour and the degree of saturation was 0.7 . In addition, the parking fee applies in the electronic parking area, where the fee is not charged by the duration of the driver. User parking takes a long time and is slightly charged the same rate because of that many people linger on e-parking which causes the need for parking space to be problematic. Therefore it is need analysis parking in the form of progresive parking rates so that parking exchange occur. The purpose of this study was to description of road performance after the existence of e-parking on T. Panglima Nyak Makam Street and analyze progressive parking rates based on the ability to pay (ATP) and willingness to pay (WTP) for e-parking users. The survey will be conducted in 3 days to be precise on 1 working day and 2 days off. Based on and data processing, it was found that the peak hour 17:30-18:30 WIB of traffic volume was 1112.6 pcu / hour for 2851 pcu / hour roads and 0.39 degrees of saturation. Then get the ATP rate for two-wheeled vehicles e-parking users in the first hour of Rp. 911 and in the next hour of Rp. 448 and four wheels vehicles in the first hour of Rp. 1966.57 and the next hour of Rp. 767.33. Meanwhile, the WTP rate for two-wheeled vehicles e-parking users in the first hour is Rp. 1308 and the next hour is Rp. 764, and for four wheels vehicles in the first hour it is Rp. 2118 and the next hour is Rp. 1,033.
Keywords: ability to pay, willingness to pay, E-parking, progressive parking rates, degree of saturation

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK