Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENGENDALIAN KUALITAS ANGKA KECELAKAAN LALU LINTAS DI PROVINSI ACEH MENGGUNAKAN PETA KENDALI T2 HOTELLING
Pengarang
FATMAWATI SAPUTRI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1508108010035
Fakultas & Prodi
Fakultas MIPA / Statistika (S1) / PDDIKTI : 49201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
363.125
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
World Health Organization (WHO) yaitu Organisasi Kesehatan Dunia
memperkirakan bahwa sekitar 1,25 juta orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas.
90% dari kematian akibat kecelakaan tersebut terjadi pada negara berpenghasilan
rendah dan menengah. Kecelakaan dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, yaitu jenis
kelamin dan pekerjaan, jenis kendaraan yang terlibat kecelakaan, waktu kecelakaan,
tipe/jenis tabrakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis angka kecelakaan lalu
lintas di Provinsi Aceh tahun 2014 sampai 2018 dengan lima kategori yaitu korban
kecelakaan berdasarkan jenis kelamin, profesi korban, jenis kecelakaan, jenis
kendaraan, dan berdasarkan waktu kejadian kecelakaan. Metode yang digunakan yaitu
peta kendali T
2 Hotelling untuk melihat pengendalian angka kecelakaan lalu lintas dari
kelima kategori kecelakaan. Peta kendali T
2 Hotelling memerlukan asumsi normal
multivariat namun kenyataanya dalam kasus kecelakaan lalu lintas, terdapat beberapa
kategori asumsi multivariat yang tidak terpenuhi setiap tahunnya. Hal ini
mengakibatkan pembentukan peta kendali T
2 Hotelling hanya dilakukan pada kategori
yang memenuhi asumsi tersebut. Berdasarkan hasil analisis menggunakan peta kendali
T
2 Hotelling, diperoleh kesimpulan bahwa yang berada dalam batas kendali pada
kecelakaan lalu lintas tahun 2014 adalah peta T
2 Hotelling berdasarkan profesi korban.
Pada tahun 2015 yang berada dalam batas kendali yaitu kecelakaan lalu lintas
berdasarkan jenis kelamin. Sedangkan pada tahun 2016 tidak ada yang berada dalam
batas kendali. Pada tahun 2017 peta T
2 Hotelling yang berada dalam batas kendali yaitu
berdasarkan jenis kendaraan. Dan tahun 2018 yang berada dalam batas kendali yaitu
kecelakaan lalu lintas berdasarkan jenis kelamin dan jenis kendaraan. Berdasarkan
diagram sebab-akibat disimpulkan bahwa variabel-variabel yang berada diluar batas
kendali perlu diperhatikan dalam mengendalikan kejadian kecelakaan antaranya jenis
kelamin, profesi korban, jenis kecelakaan, jenis kendaraan, dan berdasarkan waktu
kejadian kecelakaan.
Kata kunci : Kecelakaan lalu lintas, Peta kendali T2 Hotelling dan Diagram sebab akibat
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECELAKAAN LALU LINTAS DI PROVINSI ACEH (INDAH MUKTHADILA, 2018)
PEMODELAN PREDIKSI KECELAKAAN LALU LINTAS PADA JALAN NASIONAL DI KOTA BANDA ACEH DITINJAU DARI FAKTOR LALU LINTAS DAN GEOMETRIK JALAN (Aulia Rahmad, 2022)
PEMETAAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN (BLACK SITE) DI JALAN KOTA BANDA ACEH MENGGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Rizky Ramadhiana Sari, 2016)
ANALISIS PRIORITAS PENANGANAN SEGMEN RAWAN KECELAKAAN (ROAD HAZARD) UNTUK RUAS JALAN RAWAN KECELAKAAN DI KOTA BANDA ACEH (Reza Agustian, 2024)
SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI KOTA BANDA ACEH BERBASIS WEBGIS MENGUNAKAN ARCGIS ONLINE (MIFTAHUL JANNAH, 2022)