PENGARUH PREFERENSI INTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI BUAH IMPOR SEGAR DI PUSAT PERBELANJAAN KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENGARUH PREFERENSI INTERNAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI BUAH IMPOR SEGAR DI PUSAT PERBELANJAAN KOTA BANDA ACEH


Pengarang

JULI TRINA PUSPITASARI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0505102010092

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

JULI TRINA PUSPITA SARI dengan judul skripsi "Pengaruh Preferensi Internal Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Buah Impor Segar Di Pusat Perbelanjaan Kota Banda Aceh" dengan pembimbing utama Bapak Ir. Azhar A. Gani, M.Sc dan pembimbing kedua Bapak Dr. Ir. Fajri Jak:far, M.Sc.


Buah-buahan termasuk. dalam produk. tanaman bortikultura, di Banda Aceh terdapat berbagai jenis buah-buahan yang dibedakan berdasarkan daerah asal, yaitu buab lokal dan buah impor. Segmen pasar sedikit, ragam jenis buab impor segar tidak um.um dik:enal konsum en dan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan buah lokal menyebabkan konsumen hanya terdiri dari kalangan menengab dan menengab keatas. Buah-buahan impor segar dapat dibeli di pusat perbelanjaan yang terdapat di Kota Banda Aceh seperti supermaket, swalayan dan toko-toko buah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yaitu preferensi internal terhadap kepotusan konsurnen membeli buah impor segar dan mengetahui diantara faktor pribadi dan psikologis yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen membeli buah impor segar di pusat perbelanjaan kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan mengambil lokasi secara

Purposive Sampling (secara sengaja) yaitu Banda Buah Seutui Banda Aceh dan Pante Pirak Simpang Lima Banda Aceb. Objek penelitian ini adalah pengaruh preferensi internal terhadap keputusan konsumen membeli buah impor segar yaitu kiwi pir atau sunkis t di Banda Aceh. Teknik penarikan sampel menggunak:an metode accidental sampling. Metode pengumpulan data diperoleh dari dua sum.her yaitu Data Primer dan Data Sekunder. Hasil pengolahan data memperlihatkan nilai F hitung sebesar 50.434 dan F label pada signifikansi a = 5% adalah sebesar 3.0902. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara simultan variabel faktor pribadi (X) dan variabel faktor psikologis (X) secara bersama-sama berpengaruh secara signifik an terhadap keputusan konsumen membeli buah impor segar (pir, kiwi atau sunkist) di daerah penelitian.


Koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0.635, artinya sebesar 63.5% keputusan konsum en dipengaruhi oleh fak:tor pribadi dan faktor psikologis. Selebihnya sebesar 36.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar dua fak:tor seperti yang diteliti. Dari hasil pengolahan data menunjukkan nilai t hitung untuk variabel pribadi menunjukkan angka sebesar 6.627 dan variabel psikologis menunjukk:an angka sebesar 6.209. Kedua nilai ini lebih besar bila dibandingkan dengan nilai t label sebesar 1.984 (t hitung > t tabel ), bermakna secara parsial variabel faktor pribadi dan psik.ologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli buah impor segar (pir, kiwi atau sun.kist) di Banda Buah Seutui atau Pante Pirak Simpang Lima Banda Aceh.


Sebaiknya kepada pihak pengusaha (Banda Buah Seutui dan Pante Pirak: Simpang Lima Banda Aceh) agar lebih memperhati.kan pengaruh dari fak:tor pribad.i (indikator pendapatan konsumen) dengan memberikan harga yang lebib
terjangkau dan faktor psikologis (menjaga kualitas buah impor segar).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK