KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK NEGERI 2 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SMK NEGERI 2 BANDA ACEH


Pengarang

Safrida - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200050063

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.201 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMK NEGERI 2 BANDA ACEH

Oleh : Safrida
NIM : 1109200050063
Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Yusrizal, M. Pd.
2. Dr. Djailani AR, M. Pd.

ABSTRAK
Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu peningkatan kinerja guru dan keberhasilan pendidikan di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja, kemampuan dan disiplin guru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru menggunakan perpaduan gaya kepemimpinan delegatif dan gaya kepemimpinan partisipatif. Pembinaan motivasi kerja dengan menetapkan pembagian tugas yang jelas, memberikan arahan terhadap peraturan baru dan tugas-tugas yang harus dilaksanakan, membuat program pelatihan dengan cara mendatangkan para ahli ke sekolah atau mengirimkan guru-guru untuk mengikuti pelatihan di luar sekolah dan memberikan penghargaan kepada guru berprestasi, (2) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan guru menggunakan perpaduan gaya kepemimpinan delegatif dan gaya kepemimpinan partisipatif, seperti memberikan kesempatan bagi guru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengikutsertakan guru ke berbagai pelatihan dan kegiatan MGMP, (3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin guru menggunakan perpaduan gaya kepemimpinan otoriter dan gaya kepemimpinan delegatif. Seperti melakukan pengawasan terhadap disiplin guru-guru dengan pembentukan piket. Pembinaan terhadap kedisiplinan guru dalam menyelesaikan tugas, penunjukan beberapa guru yang berkompeten untuk membantu memberikan arahan agar tugas dapat diselesaikan tetap waktu.


Kata Kunci: Kepemimpinan dan Kinerja Guru

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK