Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERBANDINGAN KEPUASAN ANTARA PASIEN ASURANSI KESEHATAN (ASKES) DANRNJAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DI RUANG RAWAT INAP KELASRNIII RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014
Pengarang
SISKA SRI REZKI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1007101020061
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
610.73
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kepuasan adalah tingkat perasaan yang dirasakan pasien setelah membandingkan
antara pelayanan kesehatan yang diterima dengan harapan. Ada lima dimensi untuk
mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yaitu : tangible,
reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Tujuan penelitian ini
memperoleh gambaran tingkat kepuasan pasien Askes dan Jamkesmas terhadap
pelayanan kesehatan di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum Daerah dr.
Zainoel Abidin Banda Aceh. Pengumpulan data dari tanggal 23 Mei sampai 03 Juni
2014. Jenis penelitian descriptive comperative. Desain penelitian yang digunakan
adalah Cross Sectional study. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non
probability sampling. Sampel penelitian ini adalah 75 responden Askes dan 75
responden Jamkesmas. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Analisa
data dilakukan dengan menentukan nilai kenyataan-harapan. Hasil penelitian
diperoleh: pada dimensi tangible, pasien Jamkesmas memiliki tingkat kepuasan yang
lebih tinggi (54,7%) dibandingkan pasien Askes (40%), reliability, pasien
Jamkesmas memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi (53,3%) dibandingkan
pasien Askes (33,3 %), responsiveness, pasien Askes memiliki tingkat kepuasan
lebih tinggi (57,3%) dibandingkan pasien Jamkesmas (26,7%), assurance, pasien
Askes memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi (57,3%) dibandingkan pasien
Jamkesmas (37,3%), emphaty, pasien Jamkesmas memiliki tingkat kepuasan yang
lebih tinggi (53,3%) dibandingkan pasien Askes (34,7%), secara keseluruhan indek
kepuasan pasien Jamkesmas 36,92% lebih baik dibandingkan dengan indek kepuasan
pasien Askes 36,63% terhadap kualitas pelayanan di ruang rawat inap kelas III.
Saran yang dapat penulis berikan kepada seluruh tenaga kesehatan di RSUD dr.
Zainoel Abidin agar meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sehingga pasien
merasa puas terhadap pelayanan kesehatan.
Tidak Tersedia Deskripsi
TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN ANTARA PASIEN ASURANSI KESEHATAN (ASKES) DENGAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2010 (Yulianti, 2022)
HUBUNGAN SISTEM PEMBAYARAN DENGANRNTINGKAT KEPUASAN PASIEN TERBADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RUMAH SAKIT UMUM DAERAHRNDR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2011 (Mulia Wati, 2023)
HUBUNGAN SUMBER ASURANSI KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR.ZAINOEL ADIDIN BANDA ACEH (Zulfikar Aidil Arif Siregar, 2023)
PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018 (CUT FASYA ZALISKA, 2019)
HUBUNGAN PROSEDUR PEMBIAYAAN PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKATRNKEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN. (Putri Agustia, 2023)