HUBUNGAN PERAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DIRUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN PERAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DIRUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014


Pengarang

Nursafura - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1007101060033

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keperawatan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

610.730 92

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

vi
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN
SKRIPSI
8 Juli 2014
xiii halaman + VI bab + 78 halaman + 7 tabel + 2 skema + 18 lampiran
NURSAFURA
1007101060033
HUBUNGAN PERAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DIRUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014
ABSTRAK
Peran perawat merupakan segenap kewenangan yang dimiliki oleh perawat untuk menjalakan tugas dan fungsinya sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Kepuasan pasien adalah keadaan yang dirasakan pasien yang merupakan hasil dari membandingkan hal yang dirasakan dengan harapan pasien. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara peran perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap kelas III RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2014. Jenis penelitian deskriptif koleratif dengan menggunakan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara terpimpin. Analisa data menggunakan uji statistik chi square. Hasil penelitian tidak ada hubungan peran perawat dengan kepuasan pasien dengan nilai p-value 0.620 > ? 0.05, tidak ada hubungan peran perawat sebagai pemeberi perawatan dengan kepuasan pasien dengan nilai p-value 0,295 > 0,05, tidak ada hubungan peran perawat sebagai pelindung dan advokat dengan nilai p-value 1.000 > 0,05, tidak ada hubungan anatara peran perawat sebagai pemberi kenyamanan dengan kepuasan pasien dengan nilai p-value 1.000 > 0,05, tidak ada hubungan peran perawat sebagai komunikator dengan kepuasan pasien dengan nilai p-value 0.623 > 0,05, tidak ada hubungan peran perawat sebagai penyuluh dengan kepuasan pasien dengan nilai p-value 1.000 > 0,05. Disarankan perawat menerapkan tugas dan fungsinya dalam memberikan asuhan keperawatan untuk meningkatkan kepuasan pasien.
Kata kunci : peran perawat, kepuasan pasien
Daftar bacaan : 15 buku + 3skripsi + 3 jurnal + 1 artikel (1995-2013)

MINISTRY OF EDUCATION AND CULTURE
SYIAH KUALA UNIVERSITY
FACULTY OF NURSING
THESIS
July 8, 2014
xiii pages + VI chapters + 7 tables + 2 schemes + 18 appendixes
NURSAFURA
1007101060033
THE RELATIONSHIP BETWEEN NURSES’ ROLE AND PATIENT SATISFACTION IN THE THIRD CLASS INPATIENT WARD OF dr. ZAINOEL ABIDIN GENERAL HOSPITAL OF BANDA ACEH IN 2014
ABSTRACT
Nurse’s role is all the authority possessed by the nurse to carry out his/her duties and functions in accordance with their competence. Patient satisfaction is the perceived state of the patient which is the result of comparing what the patient feels with the patient's expectations. The purpose of this study was to determine the relationship between the nurse's role and patient satisfaction in third class inpatient ward of dr. Zainoel Abidin General Hospital of Banda Aceh in 2014. This study used descriptive coleraty study design with cross-sectional study approach. The sampling technique used was simple random sampling with a sample size of 78 people. Data were collected by using a guided interview techniques. Data were analyzed by using chi-square statistical test. The results of the study showed that there was no relationship between the nurse's role and patient satisfaction with p-value 0.620 > ? 0.05, there was no relationship between nurse's role as care giver and patient satisfaction with p-value 0.295 > 0.05, there was no relationship between nurse’s role as protector and advocate and patient satisfaction with p-value 1.000 > 0.05, there was no relationship between nurse's role as provider of comfort and patient satisfaction with p-value 1.000 > 0.05, there was no relationship between nurse's role as a communicator and patient satisfaction with the p-value 0623 > 0.05, there was no relationship between nurse's role as a counselor and patient satisfaction with p-value 1.000 > 0.05. It is suggested that nurse implement his/her duties and functions in providing nursing care to improve patient satisfaction.
Keywords : nurse’s role, patient satisfaction
References : 15 books + 3 theses + 3 journals + 1 articles (1995-2013)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK