MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN KOOPERATIF DI TK MAWADDAH WARAHMAH ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN KOOPERATIF DI TK MAWADDAH WARAHMAH ACEH BESAR


Pengarang

RIKA ROSDIANTI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606104210006

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rosdianti, Rika. 2020. Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain Kooperatif di TK Mawaddah Warahmah Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Rahmi, S.Pd.I, M.Ed
Kata Kunci: Sosial Emosional, Bermain Estafet Bendera, Anak Usia Dini
Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Pada usia 5-6 tahun seharusnya anak sudah mampu untuk bermain dengan teman sebaya, mengetahui perasaan temannya, merespon secara wajar dan berbagi dengan orang lain. Masalah yang terjadi pada anak kelas B di taman kanak-kanak Mawaddah Warahmah peneliti menemukan ada 5 orang anak yang belum mampu bergabung dalam satu kelompok, berinteraksi dengan teman sebaya, dan bekerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain kooperatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian anak yang berada di taman kanak-kanak kelompok B dari usia 5-6 tahun dengan jumlah anak 5 orang yang terdiri atas 2 laki-laki dan 3 perempuan. Pengumpulan data melalui observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan sosial emosional anak dilihat pada siklus I anak yang mendapatkan kategori BSH sebanyak 1 anak, pada siklus II anak yang mendapatkan kategori BSH sebanyak 3 anak dan pada siklus III anak yang mendapatkan kategori BSB sebanyak 5 anak, yaitu anak telah mampu bergabung dalam kelompok, berinteraksi dengan teman sebaya, dan bekerja sama. Bermain estafet bendera disarankan diterapkan dalam pembelajaran agar dapat mengembangkan sosial emosional anak.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK