Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN KOOPERATIF DI TK MAWADDAH WARAHMAH ACEH BESAR
Pengarang
RIKA ROSDIANTI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606104210006
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Rosdianti, Rika. 2020. Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain Kooperatif di TK Mawaddah Warahmah Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd (2) Rahmi, S.Pd.I, M.Ed
Kata Kunci: Sosial Emosional, Bermain Estafet Bendera, Anak Usia Dini
Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Pada usia 5-6 tahun seharusnya anak sudah mampu untuk bermain dengan teman sebaya, mengetahui perasaan temannya, merespon secara wajar dan berbagi dengan orang lain. Masalah yang terjadi pada anak kelas B di taman kanak-kanak Mawaddah Warahmah peneliti menemukan ada 5 orang anak yang belum mampu bergabung dalam satu kelompok, berinteraksi dengan teman sebaya, dan bekerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sosial emosional anak usia dini melalui bermain kooperatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian anak yang berada di taman kanak-kanak kelompok B dari usia 5-6 tahun dengan jumlah anak 5 orang yang terdiri atas 2 laki-laki dan 3 perempuan. Pengumpulan data melalui observasi, unjuk kerja dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan perkembangan sosial emosional anak dilihat pada siklus I anak yang mendapatkan kategori BSH sebanyak 1 anak, pada siklus II anak yang mendapatkan kategori BSH sebanyak 3 anak dan pada siklus III anak yang mendapatkan kategori BSB sebanyak 5 anak, yaitu anak telah mampu bergabung dalam kelompok, berinteraksi dengan teman sebaya, dan bekerja sama. Bermain estafet bendera disarankan diterapkan dalam pembelajaran agar dapat mengembangkan sosial emosional anak.
Tidak Tersedia Deskripsi
MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF DI PAUD IT MINA KABUPATEN ACEH BESAR (Ira Rahayu, 2018)
PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN PERAN TERHADAP PENANAMAN NILAI SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PAUD NURUL HIDAYAH (WILDA SALINA, 2022)
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK CAHAYA BUNDA RNKABUPATEN ACEH SELATAN (MARLINDA, 2023)
MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN PERAN DI PAUD QUR’ANI NURUL ILMI GAMPONG REUDEP MONTASIK ACEH BESAR (PUTRI AYU, 2019)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT PERMATA SUNNAH, BANDA ACEH (NADIA, 2022)