Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENGEMBANGAN SOAL PILIHAN GANDA BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI KONSEP MOL
Pengarang
Ratnawati - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1506103040003
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Telah dilakukan penelitian tentang “pengembangan soal pilihan ganda berbasis literasi sains pada materi konsep mol”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan soal berbasis literasi sains pada konsep mol, bagaimana menguji validitas, reabilitas soal berbasis literasi sains dan bagaimana respon/tanggapan mahasiswa terhadap soal pilihan ganda berbasis literasi sains. Jenis penelitian yang digunakan adalah research dan development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) Subject yang dituju dalam penelitian ini adalah mahasiswa FKIP kimia. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara dan hasil soal tes. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar angket dan lembar soal pilihan ganda berbasisis literasi sains dengan jumlah soal 20 yang sudah divalidasi oleh 2 validator. Hasil analisis data validitas secara kualitatif dari validasi butir soal, persentase masing-masing sudah diatas 80% dengan kriteria sangat tinggi dan dinyatakan valid dan soal layak untuk digunakan. Analisis data validitas secara kuantitatif persentase yang dihasilkan secara keseluruhan adalah 65% kategori rendah, 25% kategori cukup dan 10% kategori tinggi dengan nilai koefisien realiabiltas 0,828 termasuk kategori sangat tinggi dan reliabel. Hasil analisis tanggapan diperoleh nilai rata-rata 78 artinya dari 30 mahasiswa lebih dominan memberikan respon yang positif terhadap soal.
?
Tidak Tersedia Deskripsi
KETERKAITAN ANTARA MISKONSEPSI DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Eva Aini, 2023)
PENGEMBANGAN TES LITERASI SAINS UNTUK PESERTA DIDIK TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (Zuhra Sri Mulyani, 2024)
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI SEMESTER GENAP (STUDI KASUS DI SMA/MAN KOTA BANDA ACEH) (Faisal Al-Banna, 2019)
PENGUKURAN ATRIBUT PSIKOMETRIK TES BERBASIS LITERASI SAINS (Satria Bungaran, 2024)
PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Putri Dewi Septiani, 2018)