Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Pengarang
ULFA FITRIA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606103020046
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pengintegrasian nilai budaya dalam pembelajaran matematika diperlukan untuk mendekatkan proses pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis melalui penyelesaian masalah dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan. Namun perangkat pembelajaran bernuansa etnomatematika untuk membangun kemapuan komunikasi matematis belum banyak dikembangkan dan diaplikasikan guru dalam proses pembelajaran, untuk itu diperlukan upaya untuk mengembangkan perangkat pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model PBL bernuansa etnomatematika yang valid untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) menggunakan model Plomp. Proses pengembangan dimulai dengan menganalisis kurikulum dan materi, meminta masukan dan saran ahli, dan melaksanakan uji coba pada kelompok terbatas. Hasil validasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan, diperoleh skor rata-rata untuk RPP pertemuan pertama, kedua dan ketiga berturut-turut adalah 4,53, 4,53 dan 4,55 yang menunjukkan kriteria sangat valid , hasil validasi LAS pada setiap pertemuan adalah 4,18 yang menunjukkan kriteria valid dan hasil validasi lembar tes adalah 3,19 yang menunjukkan kriteria valid. Hasil uji coba pada kelompok terbatas menunjukkan rata-rata keterlaksanaan pembelajaran adalah 4,26, rata-rata aktivitas komunikasi matematis siswa dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga berturut-turut adalah 63,89%, 70,83% dan 79,16%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, aktivitas komunikasi matematis berada pada kategori cukup baik hingga baik. Skor rata-rata respon siswa terhadap LAS adalah 3,17 dengan kategori baik, skor rata-rata respon siswa terhadap lembar tes adalah 3,40 berada pada kategori baik. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis 6 orang siswa pada uji coba terbatas berada pada kategori 2 siswa memperoleh nilai dengan kategori tinggi dan 4 orang siswa memperoleh nilai dengan kriteria sedang. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model PBL bernuansa etnomatematika untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa telah memenuhi kriteria valid.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Etnomatematika, Komunikasi Matematis.
Tidak Tersedia Deskripsi
KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA (Nadia Anwar, 2020)
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMA NEGERI 1 MONTASIK (Hilda Aini Syifa, 2024)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Esti Nanda Kesuma, 2022)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (HIDAYATI, 2022)
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS ISLAMI PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL (Nurniqta, 2023)