Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Pengarang
HUSNUL AINI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606103030049
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Husnul Aini.2020.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Leraning Berbasis Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika.Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dr. Muhammad Syukri, S.Pd, M.Ed., (2) Drs. Ngadimin, M.Si
Kata Kunci: LKPD, STEM, Literasi Sains
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran fisika. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation dan 5) Evaluation. Kelayakan LKPD diukur dengan hasil validasi LKPD dan angket respon yang diberikan kepada subjek yaitu 2 orang guru. Hasil keseluruhan validasi LKPD menunjukkan skor rata-rata 4 yang termasuk ke dalam kategori setuju. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau biasa disingkat dengan R&D. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru fisika di SMA Negeri 6 Banda Aceh. Subjek penelitian ini adalah guru fisika di SMA Negeri 6 Banda Aceh yang berjumlah 2 orang. Data hasil penelitian diperoleh melalui angket respon dan wawancara yang dibagikan kepada tiap guru.Pengolahan data dilakukan melalui analisis statistik menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata keseluruhan angket respon guru, diketahui bahwa respon subjek keseluruhan adalah setuju. Dari kedua pengukuran didapati bahwa LKPD berbasis pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dalam pembelajaran fisika.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM DENGAN ENGINEERING DESIGN PROCESS MODEL DIGIER UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (PUTRI NURUL ALFIZA, 2023)
PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ETNOSAINS MASYARAKAT ACEH DAN LOKASI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN KARAKTER BERKEBHINEKAAN GLOBAL PESERTA DIDIK (Nurhamni, 2024)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (SITI MAGHFIRAH, 2020)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ENGINEERING DESIGN PROCESS MELALUI PJBL-STEM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Siti Maghfirah, 2024)
PENGEMBANGAN LKPD FISIKA BERBASIS STEM MENGGUNAKAN PROSES ENGINEERING EVERYWHERE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH (NENI MEILANI, 2023)