Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 TORGAMBA
Pengarang
SISKA NURLIANTI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1606103030058
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.152
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Nurlianti, Siska.2020.Efektivitas Model Pembelajaran ICARE Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di SMA Negri 1 Torgamba. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dra. Elisa, M.Si., (2) Dr. Zainuddin, M.Pd.
Kata Kunci : Efektivitas, Kemampuan Berfikir kritis,ICARE
Salah satu tujuan mata pelajaran fisika adalah mengembangkan kemampuan bernalar dalam berfikir untuk menjelaskan berbagai peristiwa dan menyelesaikan masalah, sehingga dibutuhkan kemampuan berfikir kritis. Kemampuan berfikir kritis siswa diukur dengan pencapaian KKM yaitu sebesar 75. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika hanya 42% dari jumlah seluruh siswa yang mencapai KKM dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengatasi hal tersebut. Salah satu alternatif yang digunakan adalah dengan model pembelajaran ICARE yang menjadi tujuan utama yaitu untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa yang dapat menunjang hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Torgamba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 1 Torgamba yang berjumlah 36 orang.penelitian. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dalam penelitian ini diperoleh hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya, terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori sedang menjadi sangat baik, selanjutnya kemampuan berfikir kritis siswa yang diukur berdasarkan pre-test dan post-test mengalami peningkatan nilai, siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 30 orang dari total seluruh siswa 36 orang dengan ketuntasan klasikal sebesar 83% serta respon siswa cenderung positif. Jadi, dapat dikatakan bahwa model pebelajaran ICARE dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Torgamba.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SDN 51 BANDA ACEH. (Dewi Sahfitri,S, 2023)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 SAWANG (RIVA HUSNIL HARTINAH, 2024)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRTIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FISIKA DIKELAS X SMA NEGERI 2 BUKIT (Halmaida, 2020)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DESIGN THINKING PADA MATA PELAJARAN PPKN DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINKING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Rahmat Ravi Sanjani, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMAN SIGLI (AUDIA ANDA RINI, 2021)