EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 TORGAMBA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 TORGAMBA


Pengarang

SISKA NURLIANTI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1606103030058

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.152

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Nurlianti, Siska.2020.Efektivitas Model Pembelajaran ICARE Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa di SMA Negri 1 Torgamba. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Elisa, M.Si., (2) Dr. Zainuddin, M.Pd.

Kata Kunci : Efektivitas, Kemampuan Berfikir kritis,ICARE

Salah satu tujuan mata pelajaran fisika adalah mengembangkan kemampuan bernalar dalam berfikir untuk menjelaskan berbagai peristiwa dan menyelesaikan masalah, sehingga dibutuhkan kemampuan berfikir kritis. Kemampuan berfikir kritis siswa diukur dengan pencapaian KKM yaitu sebesar 75. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika hanya 42% dari jumlah seluruh siswa yang mencapai KKM dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mengatasi hal tersebut. Salah satu alternatif yang digunakan adalah dengan model pembelajaran ICARE yang menjadi tujuan utama yaitu untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa yang dapat menunjang hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Torgamba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA-1 SMA Negeri 1 Torgamba yang berjumlah 36 orang.penelitian. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dalam penelitian ini diperoleh hasil pengamatan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya, terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dari kategori sedang menjadi sangat baik, selanjutnya kemampuan berfikir kritis siswa yang diukur berdasarkan pre-test dan post-test mengalami peningkatan nilai, siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 30 orang dari total seluruh siswa 36 orang dengan ketuntasan klasikal sebesar 83% serta respon siswa cenderung positif. Jadi, dapat dikatakan bahwa model pebelajaran ICARE dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Torgamba.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK