GAMBARAN PENDEKATAN BELAJARRN(APPROACHES TO LEARNING)RNPADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITASRNSYIAH KUALA DALAMRNDISKUSI TUTORIAL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAMBARAN PENDEKATAN BELAJARRN(APPROACHES TO LEARNING)RNPADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITASRNSYIAH KUALA DALAMRNDISKUSI TUTORIAL


Pengarang

Nuril Annissa Niswanto - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1107101030152

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

610.7

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Mahasiswa kedokteran yang belajar menggunakan sistem PBL (Problem Based Learning) dan menjalankan diskusi tutorial secara rutin diasumsikan akan lebih cenderung mengembangkan pendekatan belajar mendalam dibanding pendekatan belajar dangkal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan belajar yang dikembangkan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala dalam diskusi tutorial yang mereka jalani. Selain itu, penelitian ini ingin melihat apakah ada perbedaan pendekatan belajar yang dikembangkan oleh mahasiswa tahun pertama (angkatan 2011), tahun kedua (angkatan 2010) dan tahun ketiga (angkatan 2009). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan cross-sectional, berlangsung pada bulan Februari 2012 di Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Dari 262 sampel, 198 di antaranya merupakan mahasiswa jalur reguler sementara sisanya 64 orang merupakan mahasiswa jalur non reguler. Dari penelitian yang dilakukan, 80.15% dari sampel cenderung lebih mengembangkan pendekatan belajar yang mendalam sementara 19.47% sisanya lebih cenderung mengembangkan pendekatan belajar yang dangkal. Nilai pendekatan belajar mendalam tertinggi tampak pada mahasiswa angkatan 2011 (Mean = 3.48, SD = 0.53), disusul oleh angkatan 2009 (Mean = 3.45, SD = 0.51) dan angkatan 2010 (Mean = 3.40, SD = 0.46). Sebagai kesimpulan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala menunjukkan pengembangan pendekatan belajar mendalam yang lebih tinggi daripada pendekatan belajar dangkal. Namun demikian, ada variasi nilai rerata yang ditunjukkan oleh tiap angkatan, yang secara spesifik mirip dengan efek bulan madu (honeymoon effect) di mana terjadi penurunan dan peningkatan (yang tidak setinggi nilai di awal) dari antusiasme belajar subjek didik sebab faktor-faktor tertentu.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Pendekatan Belajar Mendalam, Pendekatan Belajar Dangkal.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK