PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH


Pengarang

NURMANSYAH PUTRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306101040077

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Putra, Nurmansyah 2020. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Observation Learning dan Quantum Teaching Dalam Mata Pelajaran Geografi Kelas X IS SMA Negeri 16 Banda Aceh, Skripsi, Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :

Drs . Abdul Wahab Abdi, M.Si (2) Dr. Alamsyah Thaher, M.Si

Kata kunci: perbandingan, hasil belajar, Observation Learning, Quantum Teaching, geografi

Model pembelajaran dapat disebut sebagai rencana sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran geografi yang mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar menemukan hal-hal baru, bekerjasama, serta berani mengeluarkan ide dan gagasan adalah model pembelajaran Observation Learning dan model pembelajaran Quantum Teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Observation Learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dalam mata pelajaran Geografi di SMAN 16 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Observation Learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada mata pelajaran geografi di SMAN 16 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X-IS yang berjumlah 43 siswa. Sampel dalam penelitian ini dua kelas yakni kelas X-IS 1 sebanyak 22 siswa dan kelas X-IS 2 sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes kepada siswa, yakni pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 6,96 yang lebih besar dari ttabel = 1,68 pada taraf signifikansi 5% dengan peluang 0,95 dan dk = 41, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Simpulan yang dapat diambil adalah hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran Observation Learning lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK