KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN KONTEKS KEBENCANAAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA MELALUI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DENGAN KONTEKS KEBENCANAAN


Pengarang

Siti Fatimah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1806203020018

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kecerdasan logis matematis siswa harus terus diasah dan dioptimalkan agar lebih
bermanfaat bagi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan
kecerdasan logis matematis siswa melalui Realistic Mathematics Education (RME)
dengan konteks kebencanaan dan sikap siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini
menggunakan pendekatan mix methode, dengan desain pengumpulan dan analisis data
menggunakan concurrent embedded strategy. Subjek pada penelitian ini adalah siswa
kelas VII SMPN 1 Banda Aceh yang dipilih berdasarkan pertimbangan sebagai salah
satu yang termasuk kedalam Sekolah Siaga Bencana (SSB). Pengumpulan data pada
penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama pengumpulan data tentang
kecerdasan logis matematis siswa yang diperoleh melalui analisis hasil tes dan
wawancara, sedangkan tahap kedua diperoleh dari angket sikap “Mathematics Attitudes
Questionnaire (MAQ)” yang sudah diuji validitas dan realibilitasnya. Hasil penelitian
terhadap kecerdasan logis matematis siswa menunjukkan bahwa siswa yang dominan
pada kecerdasan logis matematis mampu memperoleh hasil skor tes yang maksimal,
sedangkan siswa yang kecerdasan logis matematisnya tidak dominan memperoleh hasil
skor tes yang berbeda-beda untuk setiap indikator. Hasil penelitian terhadap sikap siswa
pada tiga komponen yaitu komponen kognisi dengan aspek manfaat, komponen afektif
dengan aspek kepercayaan diri, kecemasan, dan kesenangan, serta komponen behaviour
dengan aspek motivasi. Pada tiga komponen tersebut, siswa yang dominan dan tidak
dominan pada kecerdasan logis matematis menunjukkan sikap positif terhadap
pembelajaran matematika dengan konteks kebencaan. Pada penelitian ini juga
ditemukan bahwa pembelajaran melalui RME dengan konteks kebencanaan dapat
menjadi solusi untuk mengasah dan mengoptimalkan kecerdasan logis matematis siswa
baik di sekolah yang masuk dalam kategori SSB ataupun tidak. Selain itu, pembelajaran
ini juga dilaksanakan sesuai dengan durasi waktu yang sudah ditetapkan dalam Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Kata kunci: Kecerdasan logis matematis, Konteks kebencanaan, Realistic Mathematics
Education, Sikap siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK