Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
KEMAMPUAN SISWA KELAS V SDN DALAM GUGUS 3 KOTA SABANG MENULIS KEMBALI CERITA RAKYAT YANG DIBACA
Pengarang
MUSTIKA SARI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1706202010027
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa Indonesia (S2) / PDDIKTI : 88101
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Mustika Sari. 2019. Kemampuan Siswa Kelas V SDN dalam Gugus 3 Kota Sabang Menulis Kembali Cerita Rakyat yang Dibaca. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (1) Dr. Mohd. Harun, M.Pd., Pembimbing (2) Dr. Siti Sarah Fitriani, M.A
Kata Kunci: Kemampuan, Siswa, Menulis Kembali, Cerita Rakyat
Penelitian ini berjudul Kemampuan Siswa Kelas V SDN dalam Gugus 3 Kota Sabang Menulis Kembali Cerita Rakyat yang Dibaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V SDN dalam gugus 3 Kota Sabang menulis kembali cerita rakyat yang dibaca meliputi aspek tokoh, latar, alur, bahasa, dan tanda baca. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus 3 Kota Sabang yang berjumlah 40 orang. Kemudian, instrumen tes dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, yaitu membuat daftar skor mentah, menghitung rata-rata skor siswa, dan pengklasifikasian hasil dari sampel yang diteliti. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan siswa kelas V SDN dalam gugus 3 Kota Sabang dalam menulis kembali cerita rakyat yang dibaca sudah mencapai kriteria, yaitu 3 siswa memperoleh predikat nilai sangat baik dengan nilai 90, 30 siswa memperoleh predikat nilai baik dengan nilai 65-85, dan 7 siswa memperoleh predikat nilai cukup dengan perolehan nilai 60. Predikat sangat baik diberikan karena siswa memiliki nilai di antara 87,7-100, yaitu 90, predikat baik diberikan karena siswa memiliki nilai di antara 62,7-87,5, yaitu 65-85, dan predikat cukup diberikan karena siswa memiliki nilai di antara 37,7-62,5, yaitu 60. Dengan kata lain, siswa kelas V SDN Gugus 3 Kota Sabang sudah mampu dalam menulis kembali cerita rakyat yang dibaca karena lebih banyak siswa yang mendapat predikat nilai baik.
Tidak Tersedia Deskripsi
KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA RAKYAT SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SABANG KECAMATAN SUKAKARYA KABUPATEN KOTA SABANG (Nuzul Rahmi, 2014)
KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH MENCERITAKAN KEMBALI ISI DONGENG YANG DIBACA (Arintha Fajrina Putri, 2020)
KEMAMPUAN SISWA KELAS VII MTSN 1 BANDA ACEH MENULIS KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI YANG SUDAH DIDENGAR DAN DIBACA (Rika Ulfiyanti, 2019)
KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR MENULIS KEMBALI TEKS CERITA FABEL (Hasrijal, 2017)
KEMAMPUAN SISWA KELAS VII MTSN TUNGKOP MENEMUKAN TEMA DAN AMANAT DALAM CERITA RAKYAT (Nurmala, 2024)