Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENGARUH KOMPETENSI GURU EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 ARONGAN LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT
Pengarang
MOHD DIFA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1506101030026
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Difa, Muhammad. 2020. Pengaruh Kompetensi Guru Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi, SMAN 1 Arongan Lambalek, Aceh Barat Pembimbing:
(1) Drs, Amrusi S.Pd, M.Si (2) Dra. Sakdiyah, S.Pd, M.Si
kata kunci: Pengaruh, Kompetensi Guru , Prestasi Belajar Siswa
Kompetensi guru merupakan faktor yang menarik untuk dikaji karena dua alasan utama, yaitu (1) Guru tidak hanya berperan di dalam mentransfer ilmu kepada anak didiknya tapi memberikan tauladan sikap, ucapan, dan perilaku sebab peserta didik. (2) Profesionalisme guru bukanlah suatu yang final karena sebagai manusia, Guru selalu tumbuh dan berubah. Oleh sebab itu guru dapat memperbaiki atau di perbaiki kinerjanya sesuai dengan harapan institusi. Berkaitan dengan Profesionalisme Guru dituntut harus memiliki keempat Kompetensi yaitu Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi Profesional, dan Kompetensi Pedagogik. Dalam kesempatan ini penulis akan meneliti tentang Kompetensi Guru Ekonomi yang ada di SMAN 1 Arongan Lambalek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kompetensi guru ekonomi di SMAN 1 Arongan Lambalek dan (2) Pengaruh Kompetensi Guru Ekonomi pada Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Arongan Lambalek
. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data nya adalah siswa/i yang mewakili setiap kelas IPS XI dan IPS XII menggunakan teknik random sampling. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas angket pertanyaan, uji normalitas pada prestasi belajar sisiwa, dan regresi linear berganda dengan mengunakan uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: pengujian realibilitas pada kompetensi guru ekonomi pada prestasi belajar mendapatkan hasil 0,635 > 0,60, pengujian normalitas
0,23 > 0,05. Kemudian pada pengujian regresi linear berganda berganda maka didapat persamaan Y = 73,493 + -0,28X1 + 0,294 X2 + -0,11 X3 + -0,130 X4. Pada pengujian hipotesis secara parsial didapatkan hasil pada kompetensi profesional sebesar -0.559, kompetensi pendagogik sebesar 2.311, kompetensi kepribadian sebesar -0,258, dan kompetensi sosial sebesar -0,890 dengan ttabel sebesar 1,991. Uji hipotesis secara simultan didapatkan hasil uji F sebesar 1.647 dengan Ftabel sebesar
2,14 Maka kaidah pengujian hipotesis Ho diterima Ha ditolak.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH STRATEGI DALANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ARONGAN LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2018/2019 (Ramalisa, 2019)
KESULITAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA KELAS V RNSDN KEUEB KECAMATAN ARONGAN LAMBALEK RNKABUPATEN ACEH BARAT (kartini, 2015)
KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 ARONGAN LAMBALEK ACEH BARAT DALAM MENULIS TEKS ARGUMENTASI (RIKA ROZA SARI, 2016)
MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MEMBUAT KUE LEPEK DI TK NEGERI 3 ARONGAN LAMBALEK ACEH BARAT (Rahmayun, 2022)
PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMP DI KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA (TAHUN AJARAN 2013/2014) (YUSNIDAR, 2015)