PENGARUH KOMPETENSI GURU EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 ARONGAN LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENGARUH KOMPETENSI GURU EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 1 ARONGAN LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT


Pengarang

MOHD DIFA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101030026

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Difa, Muhammad. 2020. Pengaruh Kompetensi Guru Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi, SMAN 1 Arongan Lambalek, Aceh Barat Pembimbing:

(1) Drs, Amrusi S.Pd, M.Si (2) Dra. Sakdiyah, S.Pd, M.Si

kata kunci: Pengaruh, Kompetensi Guru , Prestasi Belajar Siswa

Kompetensi guru merupakan faktor yang menarik untuk dikaji karena dua alasan utama, yaitu (1) Guru tidak hanya berperan di dalam mentransfer ilmu kepada anak didiknya tapi memberikan tauladan sikap, ucapan, dan perilaku sebab peserta didik. (2) Profesionalisme guru bukanlah suatu yang final karena sebagai manusia, Guru selalu tumbuh dan berubah. Oleh sebab itu guru dapat memperbaiki atau di perbaiki kinerjanya sesuai dengan harapan institusi. Berkaitan dengan Profesionalisme Guru dituntut harus memiliki keempat Kompetensi yaitu Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi Profesional, dan Kompetensi Pedagogik. Dalam kesempatan ini penulis akan meneliti tentang Kompetensi Guru Ekonomi yang ada di SMAN 1 Arongan Lambalek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kompetensi guru ekonomi di SMAN 1 Arongan Lambalek dan (2) Pengaruh Kompetensi Guru Ekonomi pada Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Arongan Lambalek
. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data nya adalah siswa/i yang mewakili setiap kelas IPS XI dan IPS XII menggunakan teknik random sampling. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas angket pertanyaan, uji normalitas pada prestasi belajar sisiwa, dan regresi linear berganda dengan mengunakan uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: pengujian realibilitas pada kompetensi guru ekonomi pada prestasi belajar mendapatkan hasil 0,635 > 0,60, pengujian normalitas
0,23 > 0,05. Kemudian pada pengujian regresi linear berganda berganda maka didapat persamaan Y = 73,493 + -0,28X1 + 0,294 X2 + -0,11 X3 + -0,130 X4. Pada pengujian hipotesis secara parsial didapatkan hasil pada kompetensi profesional sebesar -0.559, kompetensi pendagogik sebesar 2.311, kompetensi kepribadian sebesar -0,258, dan kompetensi sosial sebesar -0,890 dengan ttabel sebesar 1,991. Uji hipotesis secara simultan didapatkan hasil uji F sebesar 1.647 dengan Ftabel sebesar
2,14 Maka kaidah pengujian hipotesis Ho diterima Ha ditolak.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK