Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN METODE RESITASI DAN METODE DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMA NEGERI 2 BANDA ACEH
Pengarang
ZAHRATUL HAYATI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1506101030030
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Zahratul Hayati. 2019. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Metode Resitasi Dan Metode Diskusi Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMA Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
(1) Drs. Zakaria, M.Ed., (2) Dra. Musfiana, MM
Kata Kunci : Perbandingan Prestasi Belajar, Metode Resitasi, Metode Diskusi
Penelitian ini berjudul “Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Yang Diajarkan Dengan Metode Resitasi Dan Metode Diskusi Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Pada SMA Negeri 2 Banda Aceh”. Penelitian ini dilakukan pada SMA Negeri 2 Banda Aceh yang berlokasi di Jln. TWK. Hasyim Banta Muda No.8 GampongMulia Banda Aceh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan metode resitasi dan metode diskusi pada mata pelajaran ekonomi pada SMA Negeri 2 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS pada SMA Negeri 2 Banda Aceh yang berjumlah 183 orang siswa sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 68 orang yang terbagi kedalam dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang diajarkan dengan metode resitasi dan kelas XI IPS 2 dengan jumlah 32 orang siswa diajarkan dengan metode diskusi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Setelah data terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan metode resitasi sebesar 79,41 sedangkan nilai rata-rata siswa yang diajarkan dengan metode diskusi sebesar 69,84. Berikutnya dari analisis data diperoleh nilai thitung>ttabel atau 5,14> 1,997 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan metode resitasi dan metode diskusi dalam mata pelajaran ekonomi pada SMA Negeri 2 Banda Aceh. Sehingga hipotesis yang berbunyi “diduga terdapat perbandingan prestasi belajar siswa yang diajarkan dengan metode resitasi dan metode diskusi dalam mata pelajaran ekonomi pada SMA Negeri 2 Banda Aceh” dapat diterima kebenarannya.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 1 YANG DIAJARKAN DENGAN METODE RESITASI DAN METODE DISKUSI PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (Cut Irmadora, 2021)
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW) DAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH (INDAH, 2021)
PENARAPAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 2 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (Asmarida, 2014)
PENGARUH PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI SMP NEGERI 2 INGIN JAYA ACEH BESAR (Nurjannah, 2021)
PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN OLEH GURU LULUSAN PENDIDIKAN EKONOMI DENGAN GURU LULUSAN NON PENDIDIKAN EKONOMI PADA SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (farinia maulani, 2016)