KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRANSFORMASI PADA KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRANSFORMASI PADA KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH


Pengarang

Siti Mutiah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103020028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Dalam proses belajar dan pembelajaran diperlukan suatu model yang dapat mengubah sistem pembelajaran dari belajar tanpa penerapan berpikir kritis, menjadi pembelajaran yang dapat menumbuhkan cara berpikir kritis siswa. Model tersebut yaitu Discovery Learning yang menuntut siswa belajar menemukan dalam kelompok kecil sehingga materi dapat lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa. Terapan model ini diaplikasikan salah satunya pada mater Transformasi di kelas XI IA-4 Banda Aceh. Tujuannya ialah 1) Mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa melalui model discovery learning pada materi Transformasi di kelas XI SMAN 4 Banda Aceh, dan 2) Mengetahui level kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model discovery learning pada materi Transformasi di kelas XI SMAN 4 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 4 Banda Aceh. Sampel yang terpilih yaitu kelas XI IA-4 dengan jumlah siswa 29 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah one shoot case study melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan indikator kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data untuk melihat ketuntasan dari hasil belajar yang diukur dengan Test dan level kemampuan dapat diukur dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Pengujian dilakukan menggunakan uji t pihak kanan pada taraf (?)=0,05, dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung=2,29 dan t_tabel=1,7 sehingga diperoleh t_hitung> t_tabel yaitu 2,29>1,7, sehingga dapat disimpulkan bahwa 1) hasil belajar siswa pada materi transformasi melalui model discovery learning di SMAN 4 Banda Aceh mencapai ketuntasan, dan 2) Level kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Discovery Learning di SMAN 4 Banda Aceh berkategori sanggat tinggi 3,45% (1 orang), kategori tinggi 20,69% (6 orang), kategori sedang 37,93% (11 orang), kategori rendah 20,69% (6 orang) dan sangat rendah 17,27% (5 orang).

Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Discovery Learning, Transformasi

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK