Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TRANSFORMASI PADA KELAS XI SMAN 4 BANDA ACEH
Pengarang
Siti Mutiah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1506103020028
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Dalam proses belajar dan pembelajaran diperlukan suatu model yang dapat mengubah sistem pembelajaran dari belajar tanpa penerapan berpikir kritis, menjadi pembelajaran yang dapat menumbuhkan cara berpikir kritis siswa. Model tersebut yaitu Discovery Learning yang menuntut siswa belajar menemukan dalam kelompok kecil sehingga materi dapat lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa. Terapan model ini diaplikasikan salah satunya pada mater Transformasi di kelas XI IA-4 Banda Aceh. Tujuannya ialah 1) Mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa melalui model discovery learning pada materi Transformasi di kelas XI SMAN 4 Banda Aceh, dan 2) Mengetahui level kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model discovery learning pada materi Transformasi di kelas XI SMAN 4 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 4 Banda Aceh. Sampel yang terpilih yaitu kelas XI IA-4 dengan jumlah siswa 29 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah one shoot case study melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan indikator kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data untuk melihat ketuntasan dari hasil belajar yang diukur dengan Test dan level kemampuan dapat diukur dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Pengujian dilakukan menggunakan uji t pihak kanan pada taraf (?)=0,05, dari hasil perhitungan diperoleh t_hitung=2,29 dan t_tabel=1,7 sehingga diperoleh t_hitung> t_tabel yaitu 2,29>1,7, sehingga dapat disimpulkan bahwa 1) hasil belajar siswa pada materi transformasi melalui model discovery learning di SMAN 4 Banda Aceh mencapai ketuntasan, dan 2) Level kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Discovery Learning di SMAN 4 Banda Aceh berkategori sanggat tinggi 3,45% (1 orang), kategori tinggi 20,69% (6 orang), kategori sedang 37,93% (11 orang), kategori rendah 20,69% (6 orang) dan sangat rendah 17,27% (5 orang).
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Model Discovery Learning, Transformasi
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SABANG (Hershinta Desiandra, 2023)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP (Firaq Akbar, 2024)
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMPN 15 BANDA ACEH (Syarifah Suhayya, 2016)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015)
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMPIT AL-AZHAR (Lia Devi, 2018)