HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN STAD PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN STAD PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH


Pengarang

ARDIAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1006104040056

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci: Hasil belajar, Numbered Head Together, Student Team Achievement Division
Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai di tingkat SD, dua model pembelajaran kooperatif yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu model kooperatif tipe Numbered Head Together dan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Penelitian ini berjudul “Hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran cooperative learning tipe NHT dengan STAD pada materi pesawat sederhana di Kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh”. Masalah penelitian di rumuskan sebagai “Apakah pembelajaran materi pesawat sederhana dengan model kooperatif tipe NHT dan tipe STAD memberikan hasil belajar yang sama pada siswa kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen; rancangan eksperimen murni. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh yang berjumlah 66 siswa. Penelitian di laksanakan pada 2 kelas; siswa kelas V. Sampel kedua kelas di acak dari populasi yang sama. Kelas yang pertama digunakan sebagai subjek pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT, dan kelas yang kedua dengan model kooperatif tipe STAD. Dari uji homogenitas data awal, menunjukkan kemampuan kedua kelas sama. Data dikumpulkan dengan tes. Data di olah dengan aksioma statistic uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 0,05 dk=64. Hasil analisis di peroleh t_(hitung )= 0,08; t_(tabel )= 2,00 (0,08< 2,00). Berdasarkan analisis tersebut? H?_(0 )diterima dan H_(1 )ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) tidak berbeda nyata pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK