Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN STAD PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH
Pengarang
ARDIAN - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006104040056
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci: Hasil belajar, Numbered Head Together, Student Team Achievement Division
Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai di tingkat SD, dua model pembelajaran kooperatif yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu model kooperatif tipe Numbered Head Together dan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Penelitian ini berjudul “Hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran cooperative learning tipe NHT dengan STAD pada materi pesawat sederhana di Kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh”. Masalah penelitian di rumuskan sebagai “Apakah pembelajaran materi pesawat sederhana dengan model kooperatif tipe NHT dan tipe STAD memberikan hasil belajar yang sama pada siswa kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen; rancangan eksperimen murni. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh yang berjumlah 66 siswa. Penelitian di laksanakan pada 2 kelas; siswa kelas V. Sampel kedua kelas di acak dari populasi yang sama. Kelas yang pertama digunakan sebagai subjek pembelajaran dengan model kooperatif tipe NHT, dan kelas yang kedua dengan model kooperatif tipe STAD. Dari uji homogenitas data awal, menunjukkan kemampuan kedua kelas sama. Data dikumpulkan dengan tes. Data di olah dengan aksioma statistic uji-t dua pihak dengan taraf signifikan 0,05 dk=64. Hasil analisis di peroleh t_(hitung )= 0,08; t_(tabel )= 2,00 (0,08< 2,00). Berdasarkan analisis tersebut? H?_(0 )diterima dan H_(1 )ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) tidak berbeda nyata pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 62 Banda Aceh.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM JPS GEOGRAFI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (Aidha Auliani, 2021)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR (KAMILA FITRI AZHARI, 2023)
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 37 BANDA ACEH (Sari Karmila, 2015)
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD BERBANTUAN COMIC KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH (Liuza, 2025)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE INVESTIGASI KELOMPOK MELALUI KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTSN RUKOH BANDA ACEH PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA (Veny Meyliani Zaiyan, 2017)