Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSEP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTSN 2 ACEH BESAR
Pengarang
YULIZA ZAHARA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1506103030055
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran yang menarik dan tak lepas dari inti konsep pembelajaran. Penelitian ini berupaya untuk melihat apakah terdapat pengaruh model pembelajaran konsep terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran konsep terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 2 Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan siswa kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Desain penelitian adalah Quasi Experiment Design. Pengumpulan data yang dilakuakan dengan memberikan angket motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum perlakuan dan setelah perlakuan sedangkan kelas kontrol juga demikian akan tetapi tidak diberi perlakuan dengan model pembelajaran konsep. Berdasarkan analisis data secara keseluruhan diperoleh nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,50 dan kelas kontrol 0,06 dan diperoleh thitung > ttabel atau 1,83 > 1,68 dengan taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran konsep terhadap motivasi belajar siswa dengan interpretasi sedang.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEP UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI MTSN 2 ACEH BESAR (Dewi Lestari, 2019)
PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP PADA MATERI JARING-JARING KUBUS RNDAN BALOK BAGI SISWA DI KELAS VIII MTSN RNTUNGKOB ACEH BESAR (Elly Julita, 2014)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORRAY TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS
SISWA MTSN KUTA BARO KAB. ACEH BESAR (mulyana, 2013)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE RNAND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWARNPADA KONSEP CACAT MATA KELAS VIIIARNMTSN BLANG RNBALEE KABUPATEN ACEH BARAT (Mizayanti, 2015)
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ADVANCE ORGANIZER TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Sulsila Marna, 2023)