PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSEP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTSN 2 ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSEP TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTSN 2 ACEH BESAR


Pengarang

YULIZA ZAHARA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103030055

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran yang menarik dan tak lepas dari inti konsep pembelajaran. Penelitian ini berupaya untuk melihat apakah terdapat pengaruh model pembelajaran konsep terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran konsep terhadap motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN 2 Aceh Besar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan siswa kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Desain penelitian adalah Quasi Experiment Design. Pengumpulan data yang dilakuakan dengan memberikan angket motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebelum perlakuan dan setelah perlakuan sedangkan kelas kontrol juga demikian akan tetapi tidak diberi perlakuan dengan model pembelajaran konsep. Berdasarkan analisis data secara keseluruhan diperoleh nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,50 dan kelas kontrol 0,06 dan diperoleh thitung > ttabel atau 1,83 > 1,68 dengan taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran konsep terhadap motivasi belajar siswa dengan interpretasi sedang.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK