Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BERBASIS DIGITALISASI PRODUK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK UMUM SYARIAH DI BANDA ACEH
Pengarang
Halfi Nadila - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1501104010022
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2020
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRACT
This study aims to examine the influencing of product digitalization on customer satisfaction through the quality of Islamic Banking services in Banda Aceh, Indonesia. This is a survey research using questionnaire as its instrument. The sample of this study were 100 customers of the Islamic Banks, selected by a purposive sampling method and analyzed using the Structural Equation Model (SEM) technique to examine the direct and indirect effects of product digitalization on customer satisfaction through the quality of Islamic Banking services in Banda Aceh. The study found that there was positive and significant influence of the product digitalization on customer satisfaction through the quality of service of Islamic commercial Banks in Banda Aceh. The results of this study indicated that efforts of Islamic Banks to maximize their services in meeting customer needs should be done by focusing on digital banking improvement.
Kata Kunci: Product digitalization, customer satisfaction, and service quality
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh digitalisasi produk terhadap kepuasan nasabah melalui kualitas pelayanan Bank Umum Syariah di Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 nasabah Bank Umum Syariah di Banda Aceh yang dipilih dengan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis deskriptif digunakan untuk mengetahui karakteristik sebuah data dari setiap variabel, sedangkan pengujian hipotesis verifikatif dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung digitalisasi produk terhadap kepuasan nasabah melalui kualitas pelayanan Bank Umum Syariah di Banda Aceh. Hasil uji deskriptif menunjukkan bahwa menunjukkan keadaan setiap variabel sudah baik, sedangkan hasil uji verifikatif dengan SEM menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan digitalisasi produk terhadap kepuasan nasabah melalui kualitas pelayanan Bank Umum Syariah di Banda Aceh. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa untuk memaksimalkan pelayanannya dalam memenuhi kebutuhan nasabah, Bank Syariah harus fokus pada peningkatan digitalisasi produknya.
Kata Kunci: digitalisasi produk, kepuasan nasabah, dan kualitas pelayanan
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS NASABAH JASA PERBANKAN DI BANDA ACEH (Ramzan Royadi, 2015)
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PADA BANK ACEH SYARIAH CABANG ACEH BESAR (MUZAIYANAH, 2022)
PERAN REPUTASI BANK DALAM MEMODERASI PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SHARIA GOVERNANCE TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA DI KOTA BANDA ACEH (Zaitun Setiawati, 2023)
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH LEASING FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE (FIF) SYARIAH KOTA LHOKSEUMAWE (BAYHAQI, 2019)
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENANGANAN KELUHAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN NASABAH PT BANK ACEH SYARIAH (Yusma Yanti, 2023)