PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FENOMENA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 1 BANDA ACEH


Pengarang

ARIS MADHUHA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104090003

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci :Media Gambar dan Fenomena Alam
Judul penelitian ini adalah “pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar pada materi fenomena alam di kelas IV SD Negeri 1 Banda Aceh”. Dengan rumusan masalah adalah “apakah ada pengaruh penggunaan media gambar pada materi fenomena alam terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Banda Aceh. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar pada di kelas IV SD Negeri 1 Banda Aceh. Anggapan dasar
dalam penelitian ini adalah “penggunaan media gambar dalam pembelajaran dapat
meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “ada pengaruh penggunaan media gambar dalam pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar pada materi fenomena alam
siswa kelas IV SD Negeri 1 Banda Aceh”. Penelitian ini digolongkan sebagai
penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data pada p
enelitian ini yaitu melalui nilai tes awal dan tes akhir pada dua kelas yang homogen dengan pendekatan pembelajaran yang berbeda yaitu kelas IVa sebagai eksperimen dengan pengggunaan media gambar dan kelas IVb sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan penggunaan pembelajaran konvensional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVa dan IVb SD Negeri 1 Banda Aceh yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data penggunaan media gambar mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 90% pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 50 % pada materi fenomena alam di kelas IV SD Negeri 1 Banda Aceh. Disarankan dalam mengajarkan materi fenomena alam di kelas IV SD sebaiknya mengguna
kan media gambar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK