ANALISIS DAYA SAING EKSPOR TEH INDONESIA DAN TEH VIETNAM DI PASAR DUNIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

ANALISIS DAYA SAING EKSPOR TEH INDONESIA DAN TEH VIETNAM DI PASAR DUNIA


Pengarang

FIRDA JANNATI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1505102010066

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agribisnis (S1) / PDDIKTI : 54201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak. Beberapa dekade silam, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara pengekspor teh terbesar dunia, namun volume ekspor teh Indonesia ke pasar dunia semakin menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana daya saing teh Indonesia dan teh Vietnam di pasar dunia dan di negara tujuan utama ekspornya, yaitu Rusia dan Pakistan. Data yang adalah data sekunder berupa volume ekspor dan impor teh Indonesia dan Vietnam selama 15 tahun, yaitu dari tahun 2003-2017. Metode analisis yang digunakan adalah RCA (Revealed Comparative Advantage) dan ISP (Indeks Spesialisasi Perdagangan). Hasil analisis yang didapat adalah (1) Komoditi teh Indonesia dan Vietnam memiliki daya saing ekspor yang kuat di pasar dunia, pasar Rusia dan pasar Pakistan, namun indeks RCA yang ditunjukkan berbeda-beda di ketiga pasar tersebut. Di pasar dunia dan pasar Pakistan, indeks RCA teh Vietnam lebih besar dibandingkan indeks RCA teh Indonesia, sehingga daya saing teh Vietnam lebih kuat dibandingkan daya saing teh Indonesia, sedangkan di pasar Rusia yang terjadi adalah sebaliknya; (2) Teh Indonesia dan Vietnam memiliki daya saing yang kuat dinilai dari indeks ISP yang menunjukkan hasil positif, sehingga Indonesia dan Vietnam memiliki kecenderungan sebagai negara pengekspor komoditi teh di pasar dunia, pasar Rusia dan pasar Pakistan.

Kata kunci : Daya Saing, Ekspor, Teh, Impor

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK