PENGARUH IMPLEMENTASI PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI GAYA KELAS IV DI SD NEGERI GARUT ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH IMPLEMENTASI PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI GAYA KELAS IV DI SD NEGERI GARUT ACEH BESAR


Pengarang

SRI AFRIANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806104040007

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci : PAIKEM, Hasil Belajar, Gaya
Penelitian yang berjudul “Pengaruh implementasi PAIKEM terhadap hasil belajar siswa pada materi gaya kelas IV SDN Garut Aceh Besar” ini mengangkat masalah apakah ada pengaruh implementasi PAIKEM terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya di SD Negeri Garut Aceh Besar dan bagaimana respon siswa kelas IV di SD Negeri Garut Aceh Besar dalam pembelajaran sains melalui implementasi PAIKEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi PAIKEM terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada materi gaya di SD Negeri Garut Aceh Besar dan untuk mengetahui respon siswa kelas IV dalam pembelajaran sains terhadap implementasi PAIKEM di SD Negeri Garut Aceh Besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Garut Aceh Besar tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Data hasil tes belajar ini dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Berdasarkan hasil dari penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa hasil belajar pada pertemuan pertama, hanya 16 siswa (50%) dari 32 siswa yang tuntas dalam belajar. Pada pertemuan kedua hasil belajar mencapai 31 siswa (97%) siswa yang tuntas belajar. Dari hasil pengolahan data diperoleh t hitung 5,06 dan t tabel 1,70 dengan demikian t hitung > t tabel pada taraf signifikan ? = 0,05. Dan hasil respon siswa menunjukkan lebih dari 93% siswa senang dengan pembelajaran PAIKEM. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran sains melalui implementasi PAIKEM pada materi gaya di kelas IV SDN Garut Aceh Besar dapat mencapai ketuntasan dan dari respon siswa menunjukkan respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM. Maka penulis menemukan bahwa pengaruh implementasi PAIKEM terhadap hasil belajar siswa pada materi gaya Kelas IV di SD Negeri Garut Aceh Besar, siswa lebih aktif dalam belajar dan hasil belajar sangat berpengaruh secara signifikan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK