DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP SUBSTITUSI PARSIAL SOSIS AYAM DENGAN TAHU | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP SUBSTITUSI PARSIAL SOSIS AYAM DENGAN TAHU


Pengarang

AMELIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306104010064

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) / PDDIKTI : 83206

Subject
Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

641.865

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Amelia, 2019. “Daya Terima Konsumen Terhadap Substitusi Parsial Sosis Ayam dengan Tahu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga (Tata Boga), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Laili Suhairi, S.Pd, M.Si (2) Dra. Suryati Sufiat, M.Pd


KATA KUNCI: Daya terima, Konsumen, Substitusi parsial, Sosis, Ayam, Tahu

Tahu adalah makanan yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dan diambil sarinya kemudian diolah menjadi tahu. Tahu merupakan makanan yang mengandung banyak gizi serta mudah diolah untuk dijadikan berbagai macam olahan makanan salah satunya sosis. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui resep standar, (2) daya terima konsumen, (3) mutu simpan sosis tahu. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain rancangan acak lengkap (RAL), yaitu satu kali kontrol dan dua kali perlakuan. Besar persentase tahu putih adalah 50% dan 75% dengan 2 kali perlakuan dari 3 produk sosis yang diberikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui uji pengamatan (Sensory Evaluation) oleh 5 orang narasumber dan uji penerimaan (Hedonic Scale) oleh 30 orang panelis konsumen. Data uji pengamatan dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata yang diperoleh dari narasumber, sedangkan data uji penerimaan menggunakan analisis varian (anava) satu jalur yang diperoleh dari panelis konsumen. Hasil uji pengamatan yang dilakukan oleh narasumber diketahui narasumber menyukai sosis dengan penambahan tahu 50% pada perlakuan pertama (ST01) ditinjau dari segi warnanya putih, teksturnya kenyal, dan rasanya gurih, sedangkan aroma narasumber menyukai perlakuan kontrol (ST00) yaitu aroma khas daging ayam. Hasil uji penerimaan oleh konsumen yang disukai adalah sosis dengan penambahan tahu 50% pada perlakuan pertama (ST01) yaitu dari segi aroma dan tekstur, sedangkan warna dan rasa konsumen lebih menyukai sosis tahu pada perlakuan kedua (ST02). Masa simpan sosis tahu adalah sehari dalam ruangan pada suhu ruang 320C, sedangkan masa simpan dalam freezer selama 25 hari. Hipotesis penelitian ini diterima (H1) karena terdapat pengaruh pada warna, aroma, tekstur dan rasa. Kesimpulan bahwa narasumber dan konsumen memiliki perbedaan terhadap sosis tahu dari segi warna, tekstur, aroma dan rasa. Saran penelitian ini dapat dilanjutkan untuk melihat kandungan gizi sosis tahu.










Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK