Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PEMENUHAN HAK ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) BANDA ACEH
Pengarang
JULIA INTAN PANDINI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1506101010040
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Pandini, Julia Intan. 2019. Pemenuhan Hak Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(!) Drs. M. Nasyir Basyah, M. Si., (2) Erna Hayati, SH.,M.Hum.
Kata Kunci: Hak Anak Didik Pemasyarakatan, Pendidikan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA)
Penelitian ini berjudul “Pemenuhan Hak Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Banda Aceh”, penelitian ini dilatar belakangi dari observasi awal dengan salah satu pegawai Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), bahwa pendidikan anak didik pemasyarakatan (andikpas) tidak diberikan secara formal akan tetapi secara nonformal termasuk fasilitas sarana prasarana yang masih kurang mendukung. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah pemenuhan hak anak dalam mendapatkan pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Banda Aceh, (2) “Kendala apakah yang dihadapi Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Banda Aceh dalam upaya melakukan pemenuhan hak Anak Didik Pemasyarakatan untuk mendapatkan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hak anak dalam mendapatkan pendidikan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Banda Aceh, (2) Untuk mengetahui kendala apa yang dihadapi petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dalam melakukan hak anak didik pemasyarakatan mendapatkan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan tekhnik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian adalah 9 (sembilan) orang yang terdiri dari; Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), 2 (dua) orang pegawai Kasubsi Pendidikan dan Bimkemas, 2 (dua) orang pegawai yang menjadi Guru, 2 (dua) orang Anak didik pemasyarakatan (Andikpas) Paket B/SMP, dan 2 (dua) orang Anak didik pemasyarakatan (Andikpas) Paket C/SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hak andikpas belum sesuai dengan UU sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA). Sedangkan kendala yang dijumpai disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu, sarana dan prasarana, tenaga pengajar dan faktor eksternal yaitu, dinas Pendidikan daerah maupun Organisasi dalam Masyarakat yang seharusnya lebih mendukung Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dalam memenuhi pendidikan anak didik pemasyarakatan (andikpas).
Tidak Tersedia Deskripsi
PEMENUHAN HAK REKREASIONAL TERHADAP NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK BANDA ACEH (Zulyani Mahmud, 2021)
PROFIL REMAJA PENYALAHGUNA NARKOBA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS II BANDA ACEH (MUTIA RAHMI, 2021)
IMPLEMENTASI MODEL KEKELUARGAAN DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK (SUATU PENELITIAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II A BANDA ACEH) (Umaidi, 2021)
PEMENUHAN HAK PENDIDIKAN TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS IA TANJUNG GUSTA MEDAN (LULU RIZQA AZKYA GINTING, 2020)
PEMBINAAN TERHADAP ANAK BINAAN YANG MELAKUKAN PENGULANGAN TINDAK PIDANA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II BANDA ACEH (SYARIFAH SARAH FEBRI, 2025)