PENGARUH KEGIATAN PERPAKIRAN DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN HASAN SALEH KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH KEGIATAN PERPAKIRAN DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN HASAN SALEH KOTA BANDA ACEH


Pengarang

rini - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0604101010108

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

625.77

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Jalan Hasan Saleh merupakan salah satu pusat perekonomian (central bussiness district) di Kota Banda Aceh yang memiliki intensitas kegiatan yang tinggi, dimana sebagian besar kegiatannya mempunyai karakteristik sebagai pusat kegiatan perdagangan/jasa sehingga menimbulkan tarikan arus lalu lintas.Tingginya arus lalu lintas dan banyaknya hambatan samping pada jalan tersebut mengakibatkan terjadinya kemacetan. Salah satu permasalahan dari hambatan samping yaitu adanya kegiatan perparkiran di badan jalan (on-street parking) sehingga mengakibatkan kapasitas jalan menjadi menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan parkir di badan jalan terhadap kinerja jalan Hasan Saleh berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). Data yang diambil dari lapangan adalah geometrik jalan, voume lalu lintas, waktu tempuh dan hambatan samping. Datadiambil pada jam puncak selama 3 (tiga) hari yaitu Senin, Jumat dan Minggu. Volume tertinggi terjadi pada hari Senin pukul 17.00-19.00 WIB sebesar sebesar 1609,4 smp/jam, waktu tempuh survey rata-rata sebesar 33,40km/jam, kapasitas sebesar 3040,94 smp/jam dan derajat kejenuhan sebesar 0,529, dengan kondisi kelas hambatan samping “sedang” yaitu jumlah kendaran parkir atauParking Stop Vehicle (PSV) 221 kend/jam, pejalan kaki/penyeberang 231 serta kendaraan masuk/keluar sisi jalan atau Entry Exit Vehicle (EEV) dengan jumlah 354 kend/jam. Setelah dilakukan skenario penghilangan faktor hambatan samping berupa kendaraan parkir,kinerja jalan menunjukkan peningkatan berupa meningkatnya nilai kapasitas menjadi 3808,28 smp/jam, dan menurunnya derajat kejenuhan sebesar 20%menjadi 0,423. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa kinerja ruas jalan Hasan Saleh masih cukup baik dilihat dari nilai derajat kejenuhan yang masih lebih rendah dari syarat MKJI, DS < 0,75. Namun kecepatan tempuh kendaraan rata-rata yang diperoleh dengan survey langsung yaitu sebesar 33,40km/jam cenderung rendah, sedangkan jalan Hasan Saleh merupakan jalan kolektor primer dengan kecepatan minimum sebesar 40 km/jam.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK