KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 1 SIMPANG KEURAMAT KABUPATEN ACEH UTARA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA SMA NEGERI 1 SIMPANG KEURAMAT KABUPATEN ACEH UTARA


Pengarang

MURDANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200050052

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pasca Sarjana., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kepala sekolah sebagai manajer di sekolah merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan manajemen di sekolah. Manajerial kepala sekolah dalam pengelolaan KTSP merupakan faktor pendukung pendidikan yang efektif. Kompetensi manajerial kepala sekolah merupakan kompetensi yang terkait langsung dengan tugas kepala sekolah sebagai pimpinan satuan pendidikan sehingga sangat perlu untuk ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam perencanaan KTSP; 2) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam implementasi KTSP; 3) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengawasi implementasi KTSP pada SMA Negeri 1 Simpang Keuramat Kabupaten Aceh Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru-guru. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam perencanaan KTSP dilakukan dengan cara: a) memfasilitasi guru menyusun bahan ajar, b) mengarahkan tenaga kependidikan/guru untuk menyusun RPP, dan c) membimbing guru dalam mengembangkan dan memperbaiki PBM; 2) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam implementasi KTSP dilakukan dengan cara: a) mengidentifikasi karakteristik tenaga kependidikan yang efektif, b) mengimplementasikan KTSP; 3) Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengawasi implementasi KTSP meliputi: a) melaksanakan pengawasan sesuai dengan standar pengawasan yang berlaku, dan b) melakukan pengawasan yang bersifat preventif (pencegahan) dan yang bersifat korektif (perbaikan).

Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Kepala Sekolah dan KTSP

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK