HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 3 TAKENGON | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMA NEGERI 3 TAKENGON


Pengarang

Hartina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103030006

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Hartina. 2019. Hubungan Keterampilan Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar
siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 3 Takengon. Skripsi, Juru-
san Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Syiah Kuala.
(1) Dra.Elisa, M.Si, (2) Dra. Nurulwati, M.Pd
Kata Kunci: Keterampilan Guru Mengajar, Motivasi belajar
Rendahnya motivasi belajar pada siswa hendaknya harus diperhatikan oleh guru dan pihak sekolah, karena motivasi belajar memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap prestasi belajar siswa. Keterampilan mengajar guru memberikan indikasi bahwa apabila ingin meningkatkan motivasi belajar siswa, maka keterampilan mengajar guru harus ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 3 Takengon. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Populasi (sampel total) dalam penelitian ini adalah 4 guru fisika dan siswa kelas X, XI, XII MIPA, X IPS SMA Negeri 3 Takengon sebanyak 172 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dokumentasi, angket dan observasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar siswa. Dengan nilai rxy = 0,757 dan nilai thitung = 1,634.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK