Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI MAS DARUL IHSAN
Pengarang
IKA ZUHRATUL KHAIRI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1506103020037
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Penerbit
Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2019
Bahasa
Indonesia
No Classification
371,3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Pembelajaran matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan memahami, menjelaskan, dan mengaplikasikan konsep matematika secara akurat dan efisien dalam memecahkan masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan pada diri seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan berbagai proses. Kenyataannya siswa belum terlatih dengan baik dalam memecahkan masalah. Model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu model Discovery Learning. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model Discovery Learning lebih baik dari siswa yang diajarkan tanpa melalui Discovery Learning pada materi statistika di kelas XI MAS Darul Ihsan; 2) tingkat ketuntasan hasil belajar siswa melalui model Discovery Learning pada materi statistika di kelas XI MAS Darul Ihsan; 3) tingkat ketuntasan hasil belajar siswa tanpa melalui model Discovery Learning pada materi statistika di kelas XI MAS Darul Ihsan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Teknik kuantitatif dengan jenis True Experimental Design dengan Control Group Pre-test- Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI di MAS Darul Ihsan. Sampel penelitian ini adalah dua kelas, yaitu kelas XI-C sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu Pre-test dan Post-test yang terdiri dari 5 soal essay. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model Discovery Learning lebih baik dari siswa yang diajarkan tanpa melalui model Discovery Learning pada materi statistika dikelas XI MAS Darul Ihsan; 2) Hasil belajar pemecahan masalah matematis siswa melalui model Discovery Learning pada materi statistika di kelas XI MAS Darul Ihsan sudah mencapai ketuntasan; 3) Hasil belajar pemecahan masalah matematis siswa tanpa melalui model Discovery Learning pada materi statistika di kelas XI MAS Darul Ihsan belum mencapai ketuntasan.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Discovery Learning, Hasil Belajar.
Tidak Tersedia Deskripsi
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN (Septiara adinda putri, 2023)
KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI LIMIT FUNGSI DI SMA (Dwy Lestari, 2023)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS VIII (Yarmasi, 2024)
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII MTSS DARUL IHSAN ACEH BESAR (Ulima Dany, 2020)
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Zinatun Hayati, 2019)