PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA BERDASARKAN JALUR SNMPTN DAN SBMPTN ANGKATAN TAHUN 2015– 2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA BERDASARKAN JALUR SNMPTN DAN SBMPTN ANGKATAN TAHUN 2015– 2017


Pengarang

Kasihani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306101040023

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kasihani : 2019 Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala Berdasarkan Jalur SNMPTN dan SBMPTN Angkatan 2015–2017. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pemimbing:
(1) Drs. Thamrin K, M.Si (2) Daska Aziz, S.Pd, M.A

Kata kunci : perbandingan, prestasi belajar, jalur masuk, jurusan pendidikan geografi fkip unsyiah.

Penelitian ini berkaitan dengan membadingkan prestasi belajar mahasiswa melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala melalui jalur SNMPTN lebih baik dibandingkan dengan SBMPTN angkatan tahun 2015–2017.
Tujuan dalam penelitiakan ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala melalui jalur SNMPTN lebih baik dibandingkan dengan SBMPTN angkatan tahun 2015–2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari angkatan tahun 2015–2017 yang berjumlah 142 mahasiswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling, di ambil dari 3 angkatan yang berjumlah 57 mahasiswa.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 5,68. Selanjutnya untuk membuktikan hipotesis maka data perhitungan tersebut dibandingkan dengan nilai ttabel untuk taraf signifikansi 5% (uji satu pihak yaitu pihak kanan) dengan dk = 29 + 28 - 2 = 55 dari tabel distribusi t dan diperoleh nilai ttabel = 2,000. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ha jika thitung > ttabel selain dari pada itu terima H_(0.) Berdasarkan data diatas diketahui bahwa thitung > ttabel sehingga Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar Jurusan FKIP Geografi Universitas Syiah Kuala, melalui jalur masuk SNMPTN lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar mahasiswa SBMPTN pada angkatan tahun 2015-2017.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK